Steve Jobs, Teknologi Sepanjang Zaman

| 24 Feb 2018 14:25
Steve Jobs, Teknologi Sepanjang Zaman
Ilustrasi. (Pixabay)
Jakarta, era.id - Pada 24 Februari 1955, lahir seorang tokoh visioner yang memberikan dampak besar pada perkembangan teknologi dunia. Steven Paul Jobs, atau yang lebih dikenal dengan Steve Jobs, lahir dari pasangan Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali.

Namun, sejak bayi Jobs diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs dan memberi Jobs adik perempuan bernama Mona Simpson yang terkenal sebagai novelis.

Sebelum dia dikenal sebagai orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi, Jobs mengalami perjalanan panjang. Kehidupannya diawali dengan mendirikan perusahaan bernama Steve Wozniak bersama temannya.

Dengan kejeniusan, kegigihan, dan kepercayaan dirinya, Jobs mampu membuat perusahaan tersebut mendunia. Berawal dari garasi rumahnya, Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer Co.

Pada 1976, Jobs memperkenalkan komputer pribadi yang dinamai Apple I. Ide komputer pribadi tersebut dia dapatkan dari produk komputer yang beredar di pasaran dengan ukuran besar. Saat itu dia berpikir untuk mendesain ulang agar komputer tersebut dapat digunakan di rumah dan dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

Kemudian, pada 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II dan sukses di pasaran. Loncatan besar pun dia dapatkan ketika Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek pada tahun 1980. Pada tahun itu juga Apple melepas produk Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, ternyata Jobs pernah dipecat dari perusahaannya sendiri. Jobs sangat persuasif dan karismatik namun banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan emosional.

Pada 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Jobs diberhentikan oleh Sculley dan dikeluarkan dari Apple.

Kemudian pada 1986, Jobs mendirikan Pixar bersama Edwin Catmull. Berkat kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

Hingga Agustus 2011 Steve Jobs mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dan menikmati hidup di masa tuanya.

Dokter pernah memvonis Jobs pada 2003 mengidap kanker pangkreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir. Tapi Jobs menolak untuk melakukan operasi hingga mengembuskan napas terakhir pada 5 Oktober 2011.

Happy Birthday Jobs!

“Stay hungry, stay foolish” - Steve Jobs

Rekomendasi