Jokowi Jamin Kenyamanan Wisma Atlet
Jokowi Jamin Kenyamanan Wisma Atlet

Jokowi Jamin Kenyamanan Wisma Atlet

By Moksa Hutasoit | 26 Feb 2018 18:17
Jakarta, era.id - Kabar baik nih. Presiden Joko Widodo menjamin atlet Asian Games yang tubuhnya besar dan tinggi tak perlu khawatir tidur di Wisma Atlet nanti. Beberapa tempat tidur, yang sebelumnya dikhawatirkan tidak akan cukup, panjangnya sudah ditambah.

"Tadi sudah ada tambahan ini bagaimana untuk atlet-atlet yang tinggi-tinggi seperti atlet basket dan atlet voli kan kakinya panjang-panjang. Tambahan tadi sudah ada dicontoh, ada stool (bangku) tambahan. Ada bed ditambah stool gitu sekitar 40-45 cm," kata Jokowi di Wisma Atlet Asian Games, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (26/2/2018).

Jokowi menjelaskan, persiapan Wisma Atlet sudah hampir rampung. Berdasarkan catatannya hanya ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki atau ditambahi, salah satunya seperti zona hijau di sekitar wisma.

"Tadi saya sampaikan mengenai pohon-pohon, carilah pohon yang gede yang sudah jadi jadi sehingga saat tamu-tamu datang itu sudah kehijauan tampak," imbuh Jokowi.

Dalam kunjungan Jokowi ke Wisma Atlet, Jokowi juga menyempatkan untuk memeriksa beberapa furnitur di Wisma Atlet seperti lift hingga kamar atlet. Jokowi memberi catatan kepada pemegang proyek, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk membenahi kursi luar ruangan dan tempat santai.

"Tadi yang kurang-kurang untuk yang tempat santai, tadi kursinya atau kursi outdoor-nya baru disiapkan seperti yang kecil-kecil gitu," terang Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi juga akan meninjau rute ke arah Bandara Soekarno-Hatta serta ke Senayan. Ia ingin memastikan jalur yang dilewati nantinya siap. Fasilitas bagi atlet difabel juga tidak luput dari pemeriksaan Jokowi. Dan hasilnya, kata Jokowi, sudah cukup baik.

"Sudah, yang tadi saya masuk memang kamar disabilitas dan sangat bagus," kata Jokowi.

Pembangunan Wisma Atlet Kemayoran rampung sejak Desember 2017. Saat ini dalam masa pemeliharaan kontraktor. Ada 10 tower yang terbagi tujuh tower di Blok D10 dengan jumlah unit 5.494 unit dan akan menampung 16.482 orang. Kemudian tiga tower lainnya di Blok C2 dengan jumlah unit 1.932 unit yang menampung 5.796 orang.

Blok D10 akan digunakan untuk para atlet. Blok C10 diperuntukan bagi staf penunjang seperti para jurnalis, perawat, official pendukung lainnya. Unit rusun tipe 36 di dalamnya terdapat ruang tamu dan dapur serta untuk kapasitas 2 orang atlet. 

Selain itu di unit tersebut dilengkapi tempat tidur, meja, kursi, gorden, pendingin udara, serta pemanas air. Untuk ukuran tempat tidur standar adalah 1,9 m, namun juga tersedia tempat tidur berukuran 2,2 m. Berbagai fasilitas pendukung tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh International Olympic Committee (IOC). 

Tags : asian games
Rekomendasi
Tutup