Apple Mulai Perang Smartphone Berlayar Lebar

Tim Editor

Ilustrasi iPhone. (apple.com)

Jakarta, era.id - Apple siap memicu perang ukuran layar ponsel dalam waktu dekat. Perusahaan berbasis di Cupertino, AS, tersebut berencana merilis model terbaru dengan meluncurkan iPhone terbesar yang memiliki layar berukuran 6,5 inci atau sekitar 16,5 cm.

Menurut laporan berbagai sumber, iPhone telah melakukan sejumlah tes produksi dan 'si layar besar' itu diperkirakan meluncur perdana di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2018 mendatang.

Bila ditelisik dari fitur yang disajikan, ukuran layar iPhone raksasa ini mengalahkan ukuran layar Samsung Galaxy S9 Plus dan Samsung Note 8. Bila dihadapkan, Galaxy S9 Plus hanya berukuran 6.2 inci (15,75 cm), sementara Note 8 hanya 6,3 inci.

Akibat kabar akan munculnya iPhone berlayar raksasa ini, Samsung diperkirakan akan terjun di pasar yang sama, yaitu merilis model layar raksasa. Bila benar, upaya Samsung itu akan bersamaan dengan diumumkannya Note terbaru pada Maret mendatang. 

Selain iPhone terbesar, Apple juga berencana merilis dua model terbarunya pada 2018 ini. Rencananya dua model itu akan dihiasi fitur utama iPhone X dan dibanderol lebih murah.

Seperti diketahui, laba iPhone hingga Februari ini mengalami penurunan. Raksasa teknologi itu meraih pendapatan yang mengecewakan sebesar 60 miliar dolar AS - 62 miliar dolar AS hingga kuartal kedua. Sejumlah media mengatakan menurunnya pendapatan iPhone lantaran permintaan iPhone X gagal dipenuhi pada awal bulan lalu.

Terlepas dari iPhone, Minggu (25/2) lalu, Samsung Galaxy S9 baru saja meluncur di pasaran. Smartphone terkini dari produsen Korea Selatan itu mengandalkan penekanan pada aplikasi visual media sosial. Bodi ponsel hampir sama dengan iPhone 8 Plus. Namun, layar Galaxy S9 lebih besar satu inci akibat desain di tepinya.

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: