Kolintang, Suara Khas dari Minahasa
Kolintang, Suara Khas dari Minahasa

Kolintang, Suara Khas dari Minahasa

By bagus santosa | 07 Mar 2018 09:04
Jakarta, era.id – Dulu waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, ada yang namanya pelajaran seni, budaya, dan keterampilan. Nah, biasanya diperkenalkan juga tuh alat-alat musik dari Nusantara. Kamu masih ingat alat musik kolintang itu dari daerah mana? Yup, betul! Alat musik kolintang dari Minahasa alias Sulawesi Utara. 

Walaupun belum diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO, tetapi alat musik kolintang dikategorikan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 16 Desember 2013. Bunyinya yang unik dan khas membedakannya dengan alat musik tradisional lainnya.

Enggak hanya bisa memainkan lagu O Ina Ni Keke dari Sulawesi Utara aja, kolintang juga bisa lho memainkan lagu-lagu kekinian. Sanggar Bapontar, salah satu sanggar budaya Minahasa yang mempertahankan kolintang bahkan pernah memainkan lagu Bohemian Rhapsody dari band legendaris Queen dengan menggunakan kolintang.

Sanggar Bapontar pun berusaha melestarikan kolintang dengan membuat sendiri alat musik tersebut di tengah Ibu Kota. Tidak hanya dipakai untuk keperluan pentas sanggar, kolintang yang diproduksi juga dipasarkan hingga ke kota-kota lainnya.

Kamu, kids zaman now yang belum tau kolintang itu kayak gimana, era.id punya videonya.

Tags : album musik
Rekomendasi
Tutup