Meluruskan 'Cerita Rakyat' tentang The Tielman Brothers

| 09 Mar 2018 10:14
Meluruskan 'Cerita Rakyat' tentang The Tielman Brothers
The Tielman Brothers (Foto: Twitter @TheTielmanBroth)
Jakarta, era.id - The Tielman Brothers mungkin saja band rock pertama di Indonesia. Tapi, apakah mereka juga pionir musik rock di Eropa seperti yang selama ini dikatakan banyak orang di dunia maya? Perkenankahlah era.id meluruskan cerita rakyat yang agak menyimpang ini berdasarkan tuturan salah satu pemerhati musik Indonesia, Stanley Tulung kepada tim redaksi beberapa waktu lalu. 

Jejak rekam The Tielman Brothers tergurat sekitar tahun 1955 di Surabaya. Andy (vokal, gitar), Reggy (gitar, banjo, vokal), Ponthon (contrabass, gitar, vokal), Loulou (drum, vokal), saat itu sudah menggilai lagu-lagu Chuck Berry melalui radio Australia. Artinya, eksistensi mereka jauh di belakang Chuck Berry.

Tapi, sejak memutuskan pindah ke Breda, Belanda pada 1957, nama The Tielman Brothers langsung fenomenal. Pada satu kesempatan, mereka tampil di Jerman bersama The Beatles di mana penyelenggara memfasilitasinya dengan kamar hotel sedangkan The Beatles cuma diberi kamar indekos.

Hanya saja, rumor yang menyebutkan The Beatles pernah bertemu atau menonton The Tielman Brothers secara langsung hanyalah sebuah cerita rakyat. Hal ini juga berlaku dengan kisah tentang Jimi Hendrix yang menyaksikan langsung aksi panggung The Tielman Brothers.

Selain hal tersebut tidak pernah terlontar dari mulut para personel The Tielman Brothers. Ilse, - janda Reggy - juga mengatakan kepada Stanley saat ditemui di Den Haag, Belanda pada 2014, kabar tersebut tidak benar. Dan ia akan membeberkannya dalam sebuah buku yang sampai saat ini masih dalam proses penulisan.

Di dalam buku tersebut, lanjut Ilse, juga akan diungkapkan kisah salah satu personel The Tielman Brothers yang pernah tinggal selama beberapa tahun di Kebumen, Jawa Tengah dan wafat serta dimakamkan di sana.

Semoga kisah ini menginspirasi para pembaca. Selamat Hari Musik Nasional!

 

 

Tags : album musik
Rekomendasi