Rivalitas Messi Vs Ronaldo

Tim Editor
Jakarta, era.id- Rivalitas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seakan tidak mengenal kata akhir. Meski sudah menginjak usia kepala tiga, keduanya masih produktif mencetak gol. Musim 2017/2018 ini menjadi pembuktian rivalitas keduanya di Liga Champions dan La Liga Spanyol.

Langkah Ronaldo tersendat di awal musim, karena cedera beberapa kali. Dari 34 penampilannya di semua kompetisi, Ronaldo sudah mencetak 33 gol dan 6 assists.

Sementara Messi, meski ditinggal Neymar ke PSG, penampilannya tetap mengkilap. Dari total 42 pertandingan, Messi mencetak 34 gol dan 16 assists. 

Siapa sangka, dua pesepakbola hebat ini dulu memiliki cerita kelam. Ronaldo harus menghadapi operasi jantung saat berusia 15 tahun. Karir sepakbolanya terancam.

“Jantungnya berdetak dengan sangat cepat.  Padahal ia tidak sedang berlari,” kata Maria Dolores, ibu Ronaldo.

Sementara Lionel Messi mengidap penyakit kekurangan hormon, saat masih kecil. Barcelona menyelamatkan karirnya dengan memberikan pengobatan terbaik, hingga akhirnya dia bisa tumbuh normal dan menjadi pesepakbola profesional.

Tak heran, bila Messi terkesan mati-matian membela Barcelona dengan memberikan semua gelar di semua kompetisi. Sedangkan saat membela Argentina, Messi sering dinilai tidak optimal. Seperti saat final Piala Dunia 2014, di mana Argentina dikalahkan Jerman.  

Setelah menjalani debut profesional, Messi dan Ronaldo terus meroket. Bahkan sejak musim 2008/2009 sampai musim 2016/2017, gelar Ballon d’OR alias pemain terbaik dunia selalu diraih mereka berdua. Masing-masing meraih 5 gelar. Pemain-pemain top seperti Luis Suarez, Neymar, Pogba, Lewandowski dan yang lainnya harus gigit jari.

Sepanjang karirnya di Barcelona dan Argentina, Messi sudah bermain 748 pertandingan, dengan mencetak 602 gol dan 247 asissts. Sementara Ronaldo bermain di 898 pertandingan, dengan mencetak 641 gol dan 205 assists untuk Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan Portugal.

Musim 2017/2018 belum berakhir, pastinya kedua pemain ini akan terus mencetak gol dan assists, seandainya terbebas dari cedera.

Menyingkapi rivalitas ini, Ronaldo mengatakan, "saya tidak bersaing dengan Leo. Dia adalah pemain di periode yang sama dengan saya. Dia menang lima kali, saya juga menang lima kali penghargaan Ballon d’OR. Seperti itulah adanya." 

Kalau kamu pendukung siapa?



 

Tag: sepakbola asian games 2018 final piala liga inggris lionel messi

Bagikan: