Lagu Antemik Tiga Jurus Rajai Billboard

| 20 Mar 2018 16:08
Lagu Antemik Tiga Jurus Rajai Billboard
Joan Jett (Twitter @JoanJett)

Jakarta, era.id - Dengan aksi membara dan hook-hook gitar yang menampar, Joan Jett memiliki kharisma rockstar yang tidak kalah dibandingkan para pria pemuja rock saat itu. Jett menerobos ke dalam scene rock sebagai artis solo dengan single I Love Rock N' Roll. Lagu tiga jurus antemik yang mampu bercokol di puncak tangga lagu pop Billboard pada 20 Maret 1982.

Versi asli lagu ini ditulis dan direkam oleh band Inggris bernama Arrows pada 1975. Tapi, tidak memberikan dampak besar pada industri musik saat itu. Sementara Joan Jett, kali pertama mengenal lagu ini ketika melakukan tur Inggris bersama Runaways, band hard rock remaja perempuan yang juga melahirkan diva hair-metal Lita Ford, pada 1977. 

Seiring tenggelamnya Runaways, Jett memulai karier solonya dengan membawakan ulang lagu Lesley Gore yang bertajuk You Don't Own Me pada 1979, yang ditindaklanjuti dengan album perdana Bad Reputation setahun kemudian. Titel trek album ini melejit menjadi hit klasik Jett.

Tapi begitu I Love Rock 'n' Roll dirilis pada 1982 nama Jett makin melambung lagi. Versi pertama lagu ini direkam dalam format vinyl di bawah naungan Vertigo Records pada 1979 sebagai B-Side dari single You Don't Own Me. Lagu ini direkam Jett bersama dua pentolan band Sex Pistols; Steve Jones dan Paul Cook.

Pada 1981, Jett merekam ulang lagu ini bersama bandnya The Blackhearts. Selain dianugerahi platinum oleh Recording Industry Association of America atas penjualan dua juta keping, lagu ini bercokol di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 selama tujuh pekan pada 20 Maret 1982.

Berikut daftar lengkap pencapaian lagu I Love Rock 'n' Roll pada 1982:

Billboard Hot 100 (USA) - posisi 1

Mainstream Rock (USA) - posisi 1

RPM100 Singles (Canada) - posisi 1

Australian Albums Chart - posisi 1

New Zealand Albums Chart - posisi 1

Dutch MegaCharts - posisi 1

Swedish Albums Chart - posisi 1

South African Chart - posisi 1

Irish Singles Chart - posisi 2

Belgian Ultratop - posisi 2

Swiss Singles Top 75 - posisi 3

UK Singles Chart - posisi 4

Austrian Top 40 Singles -  posisi  4

German Singles Chart - posisi  6

French Singles Chart - posisi 15

Hot Dance Club Songs (USA) - posisi 31

Italian Singles Chart - posisi 42

Rekomendasi