Selap-selip di Gang dengan Google Map

Tim Editor

Google Maps (sumber: istimewa)

Jakarta, era.id - Siapa yang tak mengenal Google Maps, aplikasi pencari rute keluaran Google itu kini memperkenalkan fitur terbarunya untuk pengendara roda dua alias pemotor di Indonesia. 

Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengendara motor untuk mencari rute perjalanan tercepat menggunakan sepeda motor. Jadi pengemudi tidak lagi diarahkan ke rute yang bisa dilalui mobil, seperti tol.

"Pengendara motor dapat mengambil rute-rute yang tidak dapat dilalui mobil seperti jalan sempit dan gang. Ada juga jalan tertentu yang tidak dapat dilalui sepeda motor, misalnya jalan tol," tulis Google dari siaran pers yang diterima era.id, Rabu (21/3/2018).

Google Maps berkomitmen membantu masyarakat Indonesia saat berpergian, sejak 2016. Google telah menambahkan informasi real-time jadwal untuk KRL Commuter Line dan bus Transjakarta.

Terlebih sebelum ada mode aplikasi pencarian rute yang disiapkan khusus bagi pengendara sepeda motor. 

"Kami ingin memberikan pengalaman yang paling cocok dengan situasi setempat dan paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. Fitur khusus untuk sepeda motor merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia," kata Dane Glasgow selaku Vice President Product Management Google Maps.

Baca Juga : ERP Bakal Diterapkan untuk Motor



Untuk dapat mengakses rute motor cukup mudah. Namun pastikan dulu aplikasi Google Maps yang ada di smartphone kita sudah ter-update ke versi 9.73.3 di Play Store. Bila sudah tinggal jalankan aplikasi Google Maps seperti biasa:

1. Masukan alamat yang akan dituju

2. Klik Direction 

3. Kita akan melihat opsi motor di bagian atas

4. Setelah menekan opsi tersebut, kita akan diberikan petunjuk arah dengan motor

Fitur CFD dan ganji-genap

Tak hanya memperkenalkan rute navigasi untuk pengendara sepeda motor. Google Maps juga memberikan update fitur terbarunya bagi pengguna mobil. Kini Google Maps hadir dengan fitur car free day dan sistem ganjil-genap.

Jadi ketika menggunakan rute mobil, akan muncul opsi ganjil genap di pada layar smartphone. Pengemudi tinggal memasukkan angka terakhir pelat nomor kendaraan, setelah itu Google Maps akan memberikan jalur yang sesuai saat aturan ganjil genap diberlakukan.

Tak hanya itu, Google Maps kini juga dapat menampilkan jadwal pelaksanaan hari bebas kendaraan atau car free day. Jadi selama berlangsungnya kegiatan tersebut, layanan peta digital ini tidak akan mengarahkan fellas, untuk melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor.

Bagikan: