Menanti Karya Yayoi Kusama di Museum MACAN

Tim Editor

Yayoi Kusama (Sumber: Facebook/Yayoi Kusama)

Jakarta, era.id - Kabar baik buat seluruh pecinta karya seni di Tanah Air, sebab seniman serba bisa, Yayoi Kusama akan mampir pada pertengahan Mei mendatang. Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, bakal jadi rumah bagi karya-karya Yayoi selama lebih dari empat bulan.

Mengangkat tajuk "Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow", pameran yang berlangsung dari 12 Mei-9 September 2018 ini bakal memajang lebih dari 130 karya Yayoi yang dibuat selama 70 tahun hidupnya sebagai seniman.

"Kunjungi pameran 'Seni Berubah. Dunia Berubah' sebelum hari Minggu 18 Maret 2018, dan dapatkan kesempatan memenangkan akses masuk preview pameran ‘Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow’ pada bulan Mei!" tulis akun Instagram @museummacan.


Instagram/@museummacan

Menurut rilis yang didapat era.id, Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow akan jadi yang pertama dan terbesar di Indonesia.

Baca Juga : Benarkah Rabbit Town di Bandung Plagiat?

Berbagai macam karya Yayoi, mulai dari lukisan era 1950-an, dokumentasi performance dan happenings era 1960-an, patung, dan lukisan terbaru Yayoi akan dipajang di seluruh bagian museum yang terletak di AKR Tower, Jalan Panjang, Jakarta Barat ini. Termasuk salah satu karya instalasinya yang paling fenomenal, "Infinity Mirrored Room".


Infinity Mirror

Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow akan jadi sebuah penelusuran dari perkembangan konsep artistik ala Kusama. Pameran ini juga akan menggambarkan sebuah kualitas dasar yang membentuk visi Yayoi sebagai seorang seniman, termasuk realita tak terbatas (infinity), pengulangan, dan pengaburan diri.

Kesempatan ini tentu enggak boleh dilewatkan. Sebab ini adalah kesempatan pertama untuk menikmati karya Kusama dalam skala besar di Indonesia. Selain itu, Museum MACAN ini adalah lokasi terakhir dari rangkaian pameran yang telah dilakoni Yayoi, menyusul pameran di Singapura dan Australia.

Yayoi adalah seniman penting di tengah peradaban seni modern. Perempuan kelahiran Jepang, 22 Maret 1929 yang identik dengan pola polkadot ini sangat istimewa. Sebab bidang kesenian yang dilakoni Yayoi amat tak terbatas. Selain melukis, Yayoi juga merupakan pematung yang piawai. Selain itu, ia pun melakoni performance art, menggarap tulisan fiksi, membuat film, hingga merancang adibusana.

Tag: yayoi kusama museum macan

Bagikan: