Saat Tom Jones Dianugerahi Gelar Ningrat

| 29 Mar 2018 16:24
Saat Tom Jones Dianugerahi Gelar Ningrat
Tom Jones (Twitter @RealSirTomJones)

Jakarta, era.id - Penyanyi pop kawakan asal Wales Tom Jones menerima gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth II pada 29 Maret, 12 tahun lalu. Atas jasa-jasanya dalam bidang musik, mantan buruh pabrik kertas ini mendapat gelar Sir.

Jones mengikuti jejak penyanyi-penyanyi lain yang sebelumnya mendapat gelar Sir atau Dame, seperti Sir Paul McCartney, Dame Shirley Bassey, Sir Elton John, Dame Kiri Te Kanawa dan Sir Mick Jagger.

Karier musik Jones terbentang selama enam dekade dengan memainkan sejumlah genre musik mulai dari pop, R&B, country, dance, soul hingga gospel. Suaranya yang merdu membuatnya dijuluki The Voice,

Jones sukses menjual lebih dari 100 juta keping albumnya dengan capaian enam hits Top 40 di Inggris dan 19 di Amerika Serikat. Termasuk It's Not Unusual, What's New Pussycat, Delilah, Green, Green Grass of Home, She's a Lady, Kiss, dan Sex Bomb.

Sepanjang perjalanan kariernya, ia menerima penghargaan Grammy Award 1966 untuk kategori Best New Artist, MTV Video Music Award 1989 dan dua Brit Award; Best British Male (2000) dan Outstanding Contribution to Music pada 2003. Ia juga dianugerahi penghargaan OBE pada 1999.

Dalam beberapa kesempatan, Jones juga terlibat dalam dunia seni peran. Ia memainkan debutnya di film televisi Pleasure Cove ( 1979) dan juga bermain sebagai dirinya sendiri dalam film karya Tim Burton, Mars Attacks! Pada 2012, dia memainkan peran dramatis di episode Playhouse Presents.

Rekomendasi