Pertarungan Smartphone, Buat Gamer Kelas Berat

Tim Editor

Smartphone gaming (www.mysmartprice.com)

Jakarta, era.id - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini tren gaming lagi ramai-ramainya digandrungi banyak orang. Terlebih beberapa developer game mulai membawa game buatannya ke smartphone.

Tren smartphone "gaming" juga diperkirakan akan merampaikan sepanjang tahun 2018 hingga 2019 mendatang nih. Tidak hanya Razer, Xiaomi juga sudah mengumumkan smartphone gaming pertamanya yaitu Black Shark beberapa waktu lalu. Lantas, apakah vendor lainnya akan mengikuti?

Dilansir dari TechRadar, Minggu (22/4/2018) ASUS telah mengonfirmasi bahwa saat ini mereka sedang menyiapkan smartphone gaming yang bakal dirilis tahun ini. Hal ini dipastikan melalui sebuah interview bersama CEO ASUS Global - Jerry Shen bahwa saat ini smartphone gaming tersebut sedang dalam tahap pengembangan.

Meski belum jelas akan seperti apa smartphone gaming milik ASUS nantinya, tidak menutup kemungkinan mereka akan memasukan branding Republic Of Gaming (ROG) ke dalam smartphone gaming besutan ASUS itu. Mengingat para gamer pasti sudah sangat mengenal produk game ROG, pastinya akan sangat menjanjikan.

Xiaomi Blackshark

Nah beberapa waktu lalu, Xiaomi akhirnya mengusung ponsel gaming dengan spek yang ciamik. Yak perlu diketahui juga, kalau ponsel ini sebenarnya dibuat oleh pabrikan Black Shark yang merupakan  perusahaan yang didukung penuh Xiaomi secara finansial. Karena itu pula ponsel ini lantas diberi julukan Xiaomi Blackshark. Digadang sebagai penantang Razer Phone, Xiaomi Blackshark memiliki perbekalan yang cukup tinggi. 
 


Menariknya, smartphone gaming tersebut memiliki Liquid Cooling System, untuk menjaga temperatur tetap adem meski dipakai untuk main game berat. Disisi lain, Black Shark memiliki bluetooth controler yang bisa dicopot - pasang.

Nah, untuk spesifikasinya Black Shark ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 845 Octa-Core, GPU Adreno 630, dengan pilihan 6GB RAM atau 8GB RAM. Untuk layarnya sendiri, smartphone gaming tersebut memiliki ukuran 5.99-inch Full HD+ In-Cell display. Sementara untuk sistem operasinya sudah ditanami Android Oreo dengan JOY UI.

Lantas berapa ponsel ini di lepas? Xiaomi Blackshark versi RAM 6 GB dan ROM 64 GB dibanderol 2.999 yuan atau sekitar Rp6,5 juta. Sementara versi RAM 8 GB dan ROM 128 GB dijual seharga 3.499 yuan atau sekitar Rp7,6 juta. Untuk aksesori Shark GamePad bakal dijual seharga 179 yuan atau Rp390 ribu. 



Nubia Red Magic

Tak mau ketinggalan perusahaan gadget Nubia ikut mengeluarkan perangkat smartphone gaming mereka yang diberi seri Red Magic. Smartphone yang dikhususkan untuk kebutuhan gaming ini hadir performa gahar, dan menyematkan RGB peripheral layaknya gadget gaming.

Dari segi performa, Red Magic terhitung mampu memenuhi kebutuhan gaming yang intens sekalipun. Smartphone ini memiliki spesifikasi Android 8.1, Snapdragon 835, 8GB RAM, memori standar 128GB, dan kapasitas baterai 3,800 mAh. 

Spesifikasinya memang bukan yang terbaik di pasaran gaming smartphone, tapi Nubia Red Magic dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau yakni berkisar USD 400 atau sekitar Rp5,5 juta. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli smartphone ini, akses pre-ordernya di IndieGogo akan mulai dibuka pada tanggal 26 April mendatang. 



Duh keren-keren yah semuanya mau Razer Phone, Xiaomi Blackshark, Nubia Red Magic atau ponsel gaming ROG ASUS. Jadi smartphone game mana yang bakal kalian mau beli? 
 

Tag: smartphone gaming

Bagikan: