Menciptakan Relawan Asian Games yang Siap Melayani

Tim Editor

Para relawan Asian Games 2018 (Wahyu/era.id)

Jakarta, era.id - Asian Games 2018 makin dekat. Asian Games ke-18 yang akan dilaksanakan Agustus-September 2018 ini, menjadi perhelatan pertama yang menggunakan dua kota sekaligus sebagai tuan rumah, Jakarta dan Palembang. 

Untuk melancarkan jalannya acara, panitia penyelanggara Asian Games membuka peluang sebesar-besarnya untuk para anak muda bergabung sebagai relawan. Per Mei 2018 ini, sudah terkumpul kuota yang dibutuhkan oleh panitia penyelenggara, yakni kurang lebih berjumlah 13 ribu relawan. Panitia pelaksana mengakui ada lebih dari 24 ribu pendaftar yang diseleksi melalui berbagai macam tahapan seperti psikotes, tes kesehatan, dan wawancara.

"Sudah ada 13 ribu relawan yang terbagi 11 ribu relawan di Jakarta dan 2 ribu di Palembang," tutur Koordinator Human Resources Asian Games ke-18, Tara di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (7/5/2018).

Baca juga: Mengepung Ruang Publik dengan Promo Asian Games

Puluhan ribu relawan tersebut kini sedang dikumpulkan oleh panitia pelaksana di Jakarta. Pertemuan inuntuk menumbuhkan semangat kerja dan melayani. Soalnya, menjadi relawan Asian Games berarti menjadi bagian dari sejarah bangsa. 

Relawan-relawan yang tergabung ini diakui berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Malah tidak sedikit relawan yang berasal dari Sumatera hingga Papua.

"Mereka mau bergabung, ya karena ingin menjadi bagian dari sejarah bangsa lewat Asian Games ini," kata Tara.



Mereka sedang digembleng untuk tahu apa saja yang harus dilakukan nantinya. Termasuk juga evaluasi kendala-kendala yang pernah ditemui dalam acara pra-Asian Games di awal tahun 2018 lalu. Semangat para relawan, ditegaskan panitia, haruslah melayani. Apalagi Indonesia akan kedatangan 45 negara dengan ribuan delegasi dan media-media internasional yang siap meliput.

Dilansir dari situs resmi asiangames2018.id, terdapat sejumlah syarat buat menjadi relawan. Persyaratan-persyaratan itu meliputi berbagai macam hal, mulai dari batas usia hingga beberapa persyaratan administratif.

Baca juga: Menangkal Serangan Siber di Asian Games 2018

Ajang multi-olahraga empat tahunan ini bakal mencatatkan sejarah istimewa dengan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dalam sepanjang gelaran Asian Games. 




Para relawan Asian Games 2018 (Wahyu/era.id)
 

Tag: menjadi bangsa pemenang

Bagikan: