Bersiaplah Alami Deja Vu 1981

Tim Editor

    Ilustrasi (Twitter @BhamShooters)

    Jakarta, era.id - Deja Vu, mungkin kata itu yang paling tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi tahun ini. Ya, terpilihnya kembali Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia, royal wedding (pernikahan akbar), dan Liverpool kontra Real Madrid di final Liga Champions yang terjadi pada 1981 kini terulang. Kok, bisa ya?

    Mahathir Muhamad pertama kali terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia pada 1981 menyusul pengunduran diri pendahulunya Hussein Onn. Ia kemudian memenangkan lima pemilihan umum berturut-turut dan mengalahkan serangkaian saingan politiknya.

    Selama Mahathir menjabat, meski moderenisasi di Malaysia berkembang pesat namun kepemimpinannya tidak jauh dari kontroversi. Kurangnya independensi dalam peradilan, Undang-undang Keamanan Internal yang kontroversial, dan banyaknya aktivis dan tokoh agama yang ditangkap menjadi penghias jejak rekam karier politik Mahathir. Tahun ini, Mahathir kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia.


    Foto: Instagram

    Peristiwa kedua, pernikahan akbar Pangeran Charles dengan Lady Diana berlangsung pada 29 Juli 1981 di Katedral St Paul, London, Inggris.  Cerita berawal ketika anak sulung Ratu Elizabeth II meminang Diana dengan memberikannya cincin berlian bermata safir--cincin itu saat ini dikenakan oleh Kate Middleton.

    Tak lama setelah bertunangan, keduanya menikah. Pada 1982, pasangan ini dianugerahi anak pertamanya, Pangeran William yang disusul kelahiran Pangeran Harry setahun kemudian. Diana bukan berasal dari keluarga kerajaan. Dia menjadi orang biasa pertama yang menikah dengan pangeran dalam 300 tahun terakhir. Tahun ini, putra Charles dan Diana--Pangeran Harry--akan melangsungkan pernikahan akbar dengan Meghan Markle19 Mei mendatang.


    Foto: Twitter @PHarry_Meghan

    Peristiwa ketiga adalah pertemuan Liverpool dengan Real Madrid di final Liga Champions pada 27 Mei 1981 di stadion Parc des Princes, Prancis di mana saat itu The Reds berhasil mengalahkan Los Blancos dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak bek Alan Kennedy. Ini merupakan gelar Eropa ketiga buat Si Merah.

    Peristiwa pertama sudah terjadi, peristiwa kedua bakal terjadi dalam dua hari ke depan, peristiwa ketiga--meski finalis Liga Champions sudah dipastikan--tapi pertandingan belum terjadi. Jika melihat fakta pada 1981, untuk menggenapi Deja Vu itu maka Liverpool lah yang harus memenangkan Liga Champions tahun ini. Boleh setuju, boleh tidak. Madridistas jangan baper, ya...


    Ilustrasi (Twitter @TOTK96)

    Baca Juga : Terungkap, UEFA Ingin Liverpool Juara UCL

    Tag: liverpool real madrid liga champions pangeran charles mahathir mohamad

    Bagikan :