Dituding Plagiat, Olivia Rodrigo Bagi Royalti Lagunya dengan Taylor Swift dan Vokalis Paramore

Olivia Rodrigo (Foto: IG @oliviarodrigo)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari musisi muda dunia yang tengah naik daun saat ini, Olivia Rodrigo. Dilansir dari Buzzfeed.com, Olivia dikabarkan telah memberikan sebagian hasil royalti lagunya senilai miliaran rupiah kepada Taylor Swift dan vokalis band Paramore, Hayley Williams.

Pembagian royalti ini dilakukan berawal dari banyaknya protes penggemar Taylor Swift dan Paramore, yang menuding Olivia telah melakukan plagiat terhadap lagu idola mereka. Lagu Olivia yang berjudul "Good 4 U" dinilai memiliki persamaan dengan lagu Paramore yang berjudul "Misery Business".

Mengenai hal itu, Olivia diketahui sudah membicarakannya langsung dengan pihak Paramore. Hasil dari diskusi tersebut pada lagu "Good 4 U" akhirnya nama Hayley Williams disematkan dalam credit lagu tersebut. Dengan ini, Hayley disebutkan menerima royalti sebanyak 50 persen dari lagu tersebut.


Selain itu, lagu Olivia lainnya yang berjudul "Deja Vu" juga dituding melakukan plagiat terhadap lagu Taylor Swift yang berjudul "Cruel Summer". Sama seperti Hayley Williams, Taylor Swift akhirnya juga mendapatkan hak royalti pada lagu Olivia itu senilai 50 persen.

Dengan kesuksesan lagu Olivia "Good 4 U" dan "Deja Vu", maka Taylor Swift dan Hayley Williams mendapatkan bagian royalti yang tidak sedikit.

Hayley dikabarkan menerima uang royalti sebesar 1,2 juta dolar atau setara dengan Rp17,1 miliar. Sedangkan Taylor mendapatkan pembagian royalti sebesar Rp1,2 miliar.

Tag: taylor swift Olivia Rodrigo Hayley Williams Olivia Rodrigo bagi royalti lagu Paramore

Bagikan: