John Paul Ivan Laporkan Penyebar Hoaks ke Bareskrim
John Paul Ivan Laporkan Penyebar Hoaks ke Bareskrim

John Paul Ivan Laporkan Penyebar Hoaks ke Bareskrim

By Riki Noviana | 22 May 2018 14:14
Jakarta, era.id - Mantan gitaris Boomerang, John Paul Ivan, melaporkan salah satu media online ke Bareskrim atas tuduhan pencemaran nama baik. Ivan--sapaannya--merasa pemberitaan yang menyebutkan dia membuat lagu bertajuk 2019 Ganti Presiden tidak benar.

Ivan merasa tidak pernah dikonfirmasi oleh media tersebut mengenai dugaan keterlibatan dirinya dalam membuat lagu itu. Kesal dengan pemberitaan tersebut, akhirnya pria yang juga dikenal dengan panggilan JPI ini melaporkan media tersebut ke Bareskrim.

"Di media tersebut, memberitakan bahwa saya menciptakan sebuah karya cipta lagu, tapi ternyata itu bukan, berita bohong itu ya, fitnah. Saya waktu melihat berita awal itu terus terang saya marah," kata Ivan di Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Ivan telah menyerahkan sejumlah barang bukti berupa capture foto dan tautan berita di portal berita tersebut karena akibat pemberitaan itu gitaris ikonik ini mengaku mengalami sejumlah kerugian bisnis dan moril.

John Paul Ivan di Bareskrim (Leo/era.id)

"Banyak ya. Secara moril ya, banyak. Dari keluarga, perasaan saya, kalau istilahnya gini kalian lihat komen dari orang-orang kan banyak sekali mereka ngomong, tapi sebetulnya bukan itu. Itu kan jadi memberikan sesuatu hal yang berlawan, gitu lho. Dari segi bisnis kan juga pasti sudah ada," imbuhnya.

Ivan tidak mengetahui motif media terlapor membuat berita hoaks tersebut. Dia menjelaskan di era demokrasi ini sudah sepatutnya sejumlah peraturan diikuti jika ingin menyampaikan sesuatu, termasuk mengklarifikasi kepada pihak yang terlibat.

Meski media yang bersangkutan telah menyampaikan permintaan maaf, namun dia tetap akan menyerahkan permasalahan ini ke Bareskrim.

"Saya lihat sih dia memang menglarifikasi, maaf atau apa mereka tulis ini salah menulis nama, tapi nggak bisa begitu. Mereka juga enggak pernah ngehubungin saya kok. Jadi kasus ini kayaknya memang harus ditindak," tutup John.

Sebelumnya, pada 19 Mei 2018 sebuah media online terlapor sempat mengeluarkan berita berjudul John Paul Ivan Ciptakan Lagu Berjudul #2019GantiPresiden Begitu Syahdu dan Meninju

Namun hal tersebut kemudian diklarifikasi oleh media yang bersangkutan dengan menulis bahwa lagu tersebut  diciptakan oleh Johni Sang Alang (JSA) bukan John Paul Ivan (JPI) yang selama ini didengungkan dan viral.

Baca Juga : John Paul Ivan Difitnah Bikin Lagu 2019 Ganti Presiden

Rekomendasi
Tutup