Resep Praktis Ramadan: Bayam Tumis Terasi

Tim Editor

Bayam (ilustrasi)

Jakarta, era.id - Saat waktu berbuka puasa tiba, seringkali muncul keinginan menyantap banyak makanan. Apalagi saat berbuka bersama keluarga atau teman-teman kuliah dan di tempat kerja. Makin seru, makin nafsu menyantap semua menu.

Tapi, waktu berbuka sebaiknya diawali dengan minum dan mengonsumsi makanan ringan seperti sayur, buah, atau aneka kudapan. Tujuannya supaya organ dalam perut tidak 'kaget' dijejali banyak isi setelah berpuasa.

Ada banyak menu makanan untuk 'pemanasan' sebelum makan berat saat berbuka puasa. Satu di antaranya adalah bayam tumis terasi. Menu ini mudah dibuatnya dan cukup nutrisi. Di bawah ini kami beri resep pembuatannya:

Apa yang diperlukan?

Untuk membuat seporsi bayam tumis terasi, kamu harus menyiapkan dua ikat bayam, dan dipotong-potong. Kemudian, kamu siapkan 100 gram udang kupas, atau disesuaikan dengan seleramu ya, berikut tiga siung bawang putih iris, empat siung bawang merah yang diiris tipis, lima buah cabai rawit yang diiris miring, dan satu cabai merah yang diiris miring.

Setelah itu, kamu juga harus nyiapin setengah sendok teh merica bubuk, 1 cm terasi, gula dan garam secukupnya, penyedap rasa serta minyak goreng secukupnya.

Baca Juga: Resep Praktis Ramadan: Berbagai Olahan Mi

Mau tahu cara membuatnya?

Pertama, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Lalu masukkan cabai rawit dan merah kemudian tumis hingga harum juga. Setelahnya, masukkan terasi dan merica bubuk, aduk rata hingga terasi hancur dan matang.

Kemudian, tuang air secukupnya, biarkan hingga mendidih. Masukkan bayam dan aduk hingga panasnya merata dan daunnya layu serta warnanya berubah menjadi hijau matang. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya, lalu tumis hingga bayam empuk.

Mudah kan? Bayam tumis terasi siap dinikmati.

Tag: eramadan menu sahur dan buka puasa kuliner ramadan

Bagikan: