Mengenal Sosok Laksamana Keumalahayati Lewat Komik

Tim Editor
Jakarta, era.id - Ada yang pernah mendengar nama Keumalahayati? Keumalahayati disebut-sebut menjadi laksamana wanita pertama dalam sejarah armada laut nusantara. Ia merupakan tokoh heroik yang sangat berpengaruh dalam politik militer kerajaan Aceh Darussalam di abad ke 16. Luar biasanya kisah pejuang asal Aceh ini mendorong aktris sekaligus produser Marcella Zalianty, menggagas penggarapan Komik Keumalahayati. Marcella dan tim melakukan riset lebih dari satu tahun. Berdasarkan berbagai manuskrip, buku-buku, dan wawancara dengan para ahli sejarah, diketahuilah bagaimana tingginya nilai juang dan keagamaan yang dimiliki Laksamana Keumalahayati. 

"Saya terinspirasi karena Malahayati memberikan semangat dan inspirasi kepada kita bahwa perempuan tidak hanya menunggu nasib. Tetapi perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri. Nilai keagamaan yang ada di dalam dirinya itu menjadi modal untuk dia mencintai tanah airnya secara lebih dalam lagi," ujar Marcella mantap. 

Figur Keumalahayati merepresentasikan keberaniannya membela harga diri tanah air yang dianggap sebagai harga dirinya sebagai perempuan. Kini kisah Keumalahayati bisa dinikmati dalam bentuk komik. Pembuatan komik bekerjasama dengan ilustrator Ardian Syaf yang pernah menggarap beberapa komik Marvel, dan ilustrator asal Yogyakarta, Aris Naka Abee. Selain komik, cerita Laksamana Keumalahayati juga akan diangkat dalam bentuk film lho. Saat ini, proses film dalam tahap pengembangan bersama beberapa sineas ternama antara lain Eros Djarot. 

Penasaran nggak fellas? Putar videonya yuk.

Tag: hari kebangkitan nasional komik pahlawan nasional hari perempuan internasional

Bagikan: