Peta Indonesia Ada di Trofi Piala Dunia, Lho

| 18 Jun 2018 07:34
Peta Indonesia Ada di Trofi Piala Dunia, <i>Lho</i>
Trofi Piala Dunia (Twitter @mikaelo_cy)
Jakarta, era.id - Indonesia ternyata mendapat tempat istimewa di Piala Dunia. Bukan...Bukan! Ini bukan perkara dipilihnya negara kita sebagai tuan rumah pesta sepak bola empat tahunan itu, tetapi dalam hal penempatan peta Indonesia di trofi paling prestisius dalam permainan si kulit bundar.

Dilansir dari berbagai sumber. Peta Indonesia menempati posisi paling ideal dalam trofi yang didesain seniman asal Italia, Silvio Gazzaniga itu. Tepatnya, di atas siluet Dewi Yunani bernama Nike, Dewi Kemenangan.

Posisi peta Indonesia ini juga pernah disinggung melalui Twitter resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) beberapa waktu lalu menulis, Indonesia ditempatkan di tempat terhormat dalam trofi tersebut.

Namun alangkah indahnya jika tempat terhormat dalam trofil Piala Dunia ini diiiringi lolosnya Indonesia ke Piala Dunia. Hal tersebut juga diungkapkan sejumlah netizen yang menanggapi cuitan Kemenpora.

"Alangkah luar biasa bila kehormatan itu kita dapatkan dengan tetes keringat pak bukan dari peta ditempatkannya kita," tulis akun @the_number.

 

Ya, Indonesia belum sekalipun menjadi peserta Piala Dunia. Meski di edisi ketiganya pada 1938--dengan nama Hindia Belanda--Indonesia terlibat di ajang ini. Tapi sejujurnya, itu tidak merepresentasikan negara kita. 

Pasalnya, lolosnya Hindia Belanda ke putaran final Piala Dunia Prancis itu merupakan proses dari pengembangan sepak bola Belanda di Tanah Air yang saat ini menjajah Indonesia. Bukan inisiatif masyarakat pribumi itu sendiri. 

Peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia terbuka pada 2026 setelah FIFA memutuskan menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim. Semoga saja peluang ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Tim Garuda sehingga penempatan peta negara kita di trofi Piala Dunia menjadi lebih bernilai.

Baca Juga : Hindia Belanda di Piala Dunia 1938. Banggakah Kita?

Rekomendasi