Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

| 19 Jun 2018 10:25
Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Ilustrasi (Twitter @BeautyVC)
Kuantan, era.id - Tiga negara ASEAN; Thailand, Indonesia dan Vietnam akan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Malaysia juga bisa bergabung dalam kolaborasi ini.

Anggota komite eksekutif FIFA Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah mengatakan, ketiga negara seharusnya bisa memenangkan tender ini dan Malaysia juga memiliki kesempatan menjadi negara keempat jika FAM (PSSI-nya Malaysia) dan pemerintah mereka menyetujuinya.

"Kesempatan buat kita (ASEAN) mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia sangat besar karena tiga atau empat negara bisa berbagi seperti halnya Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada yang memenangkan tender untuk menjadi tuan rumah pada 2026," kata Tengku Abdullah, seperti dilansir dari straitstimes.com.

"Faktanya, saatnya tiba bagi negara kita di regional ASEAN diberikan kesempatan. Dalam hal ini, kami berharap infrastruktur dan kekuatan tim sepak bola ASEAN akan dikonsolidasikan kemudian. Kita punya waktu 16 tahun, yang seharusnya cukup,” sambungnya.

Sebelumnya pada Rabu lalu, AS, Meksiko, dan Kanada berhasil memenangkan tender dan dinobatkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Rinciannya, Meksiko dan Kanada masing-masing akan menggelar 10 pertandingan sementara babak perempat final dan sisanya akan digelar di Amerika.

Tengku Abdullah yang baru tiba dari Moskow setelah menghadiri pertemuan akbar FIFA yang bertepatan dengan kick-off Piala Dunia Rusia memperlihatkan keyakinannya, Malaysia bisa menjadi tuan rumah bersama tiga negara lainnya berdasarkan infrastruktur yang mereka miliki.

Terkait apakah tim-tim ASEAN juga akan diberikan kesempatan untuk bersaing di Piala Dunia melalui slot khusus jika mereka berhasil menjadi tuan rumah, dia mengatakan masalah ini akan dibahas, sejalan dengan proposal untuk meningkatkan jumlah tim di Piala Dunia 2026 .

Mayoritas anggota komite FIFA sebelumnya melakukan voting tentang gagasan penambahan jumlah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 negara. Kali terakhir format Piala Dunia mengalami perubahan terjadi pada 1998 di mana saat itu pertama kalinya Piala Dunia diikuti 32 tim dari sebelumnya yang berjumlah 24 tim.  

Baca Juga : Peta Indonesia Ada di Trofi Piala Dunia, Lho

Rekomendasi