Melihat Lebih Dekat Pertunjukan Silat Bawah Air

Tim Editor

Atraksi silat bawah air Seaworld (Foto: Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Memperingati hari ulang tahun ke-491 Jakarta, miniatur pesona laut, Sea World, Ancol menggelar atraksi pencak silat dan ondel-ondel bawah air. 

Acara yang digelar pukul 14.15-14.30 WIB ini menampilkan para penyelam berkostum pangsi melakukan atraksi pencak silat terlebih dulu sebelum dilanjut atraksi orang-orang berkostum ondel-ondel.

Operational Manager SeaWorld, Dewi Retno menjelaskan, atraksi yang pertama kali digelar di SeaWorld ini melibatkan empat penyelam. Dua memperagakan aksi pencak silat, dua lainnya berkostum ondel-ondel.

"Jadi ini pertama kali kita mengadakan atraksi penyelam melakukan pencak silat dan berkostum ondel-ondel," kata Dewi ditemui di lokasi acara, Jumat (22/6/2018).

Pengunjung terlihat antusias menyaksikan atraksi laut tersebut. Termasuk, Ruswan (43) yang membawa keluarganya dari Tangerang untuk menyaksikan atraksi budaya betawi tersebut.

"Keluarga saya senang melihatnya. Atraksinya seru, bagus untuk memperingati HUT Jakarta hari ini," tutur Ruswan.

Persiapan khusus

Dewi menjelaskan, kostum ondel-ondel dibuat secara khusus, dengan ukuran lebih lebar, disesuaikan dengan peralatan selam yang dikenakan para penyelam.

Dengan tinggi dua meter, kostum ondel-ondel itu dibuat dengan tambahan rangka besi serta alumunium. Tujuannya, tentu saja menambah daya beban.

"Ada tambahan rangka besi dan alumunium juga untuk menambah beban agar tidak mudah terbawa air," lanjut Dewi. 

Ikmal, salah satu pesilat bawah air mengatakan, seenggaknya butuh waktu satu pekan untuknya dan M Fahri --lawan tarungnya-- serta Adit dan Kautsar --penyelam berkostum ondel-ondel-- untuk mematangkan seluruh persiapan.

"Kami penyelam SeaWorld Ancol membutuhkan waktu satu minggu untuk mempersiapkan ini. Di dalam akuarium utama SeaWorld Ancol ini, arus airnya cukup besar," kata Ikmal usai pertunjukan.

Ikmal mengatakan, selain arus yang deras, tantangan lain yang harus mereka hadapi dalam pertunjukan itu adalah terbatasnya ruang gerak.

Iya, sih. Memperagakan gerakan silat di daratan saja sudah sulit, apalagi di bawah air. Karenanya, kerja sama tim jadi kunci keberhasilan mereka. 

Kalau Ikmal saja kerepotan, bagaimana dengan Adit yang harus masuk ke lubang kostum berdiameter 50 sampai 75 sentimeter dan menyelam. 

"Itu harus muat orang dan di belakang itu ada tabung (oksigen) itu untuk gerak susah apalagi ada gimik gerakin tangan," kata Adit.

Nah, untuk kamu yang baru tahu infonya dan ketinggalan serunya atraksi ini, jangan khawatir. Atraksi pencak silat dan ondel-ondel masih akan digelar pada Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6) besok.

Jadi, jangan lupa ajak keluargamu untuk bersenang-senang sembari belajar budaya!

Tag: hut dki jakarta becak di jakarta tempat wisata

Bagikan: