Kronologi Viralnya Aksi Polisi dan Anggota Dishub DKI Jakarta Merusak Mobil yang Parkir Liar

| 30 Oct 2022 08:30
Kronologi Viralnya Aksi Polisi dan Anggota Dishub DKI Jakarta Merusak Mobil yang Parkir Liar
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Ada seorang polisi dan petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, merusak kaca spion mobil yang parkir liar di Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Polda Metro Jaya pun mendalami kasus itu. "Nanti akan kita dalami lebih lanjut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat silam.

Zulpan mengatakan pihak kepolisian harus mendalami kedua sisi dari peristiwa tersebut sebelum memberikan keterangan lebih lanjut.

Menurut keterangan dari petugas di lapangan, kendaraan tersebut berupaya kabur saat akan ditindak dan hampir menabrak petugas.

"Pada saat mau dilakukan teguran, mobil ini berupaya melarikan diri mau menabrak petugas. Bahkan pintunya kacanya nggak mau dibuka semua," kata Zulpan.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (25/10) silam.

Lebih lanjut Zulpan juga mengimbau agar pengendara mobil yang merasa dirugikan akibat insiden tersebut, datang ke kantor polisi terdekat dan memberikan keterangan agar peristiwa itu bisa segera diselesaikan.

"Kita minta pengemudinya untuk bersikap kooperatif, kalau memang diselesaikan dengan baik datang ke kantor polisi dan jelaskan," ujarnya.

Dia juga mengatakan peristiwa tersebut seharusnya bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk kooperatif dengan petugas.

Sebab petugas menindak pelanggar lalu lintas lantaran melihat adanya pelanggaran. "Ini kan sopirnya melarikan diri parkir di pinggir jalan cukup lama. Kita perlu edukasi masyarakat jangan serta merta langsung dibuat video, viral, dan menyalahkan," katanya.

Sementara Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan anggotanya telah ditarik dari lapangan, sehingga saat ini posisinya diubah sebagai staf dalam waktu tertentu, sembari evaluasi kinerja.

Menurut dia, pihaknya sudah memeriksa sang pelanggar lalu lintas dengan petugas, hingga menemukan titik damai.

Syafrin menceritakan, kejadian tersebut terjadi pada Selasa (25/10) siang pukul 14.00 WIB bertepatan saat Tim Lintas Jaya berpatroli pelanggaran parkir liar.

Kemudian, saat berada di Jalan Widya Chandra, Mampang Prapatan, ditemukan lima kendaraan parkir liar, namun empat pengemudinya di dalam, sehingga ketika petugas datang mereka langsung pergi.

Namun ada sebuah mobil yang ditinggal pengemudinya yang kemudian dicari oleh petugas, namun tidak ditemukan, sehingga pihaknya akan menderek mobil itu.

"Pengemudinya datang dan langsung masuk ke mobil. Petugas kita sudah menegur, dia malah menghidupkan mesin untuk lari," jelasnya.

Syafrin menjelaskan saat itu petugas kepolisian yang turut berjaga di belakang hampir tertabrak karena mobil itu mundur.

Petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan itu pun langsung emosi dengan memukul kaca spion mobil dan langsung direkam oleh sang pengendara.

Kemudian, video yang dibagikan pengendara mobil itu menjadi viral dan salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @merekamjakarta pada Kamis (27/10).

Hingga kini, pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih berkoordinasi dengan pihak Polres Metro Jakarta Selatan untuk tindakan lebih lanjut.

Rekomendasi