Pengacara soal Ada Transaksi Uang Rp30 Juta dari Rekening Bripka RR ke Anak Sambo Usai Yosua Tewas: Klien Saya Tak Tahu

| 21 Nov 2022 17:00
Pengacara soal Ada Transaksi Uang Rp30 Juta dari Rekening Bripka RR ke Anak Sambo Usai Yosua Tewas: Klien Saya Tak Tahu
Sidang terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel (Sachril/ERA)

ERA.id - Costumer Service Layanan Luar Negeri Bank BNI KC Cibinong, Anita Amalia Dwi Agustine mengatakan ada transaksi di rekening Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR) pada Jumat (12/08) lalu atau usai Bripka RR ditahan ketika ditetapkan menjadi tersangka oleh Bareskrim Polri.

Diketahui, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) tewas dibunuh pada Jumat (08/07) lalu.

"Tanggal 7 Agustus tidak ada transaksi, lalu ada transaksi lagi tanggal 12 Agustus, itu pemindahan (uang) ke rekening 446266340, saudari Tris, di sini hanya keterangannya itu saja," kata Anita saat menjadi saksi di persidangan terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, Bripka Bripka RR, dan Bharada Richard Eliezer (Bharada E) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (21/11/2022).

Diketahui, transaksi itu ke anak Ferdy Sambo, yakni Trisha Eungelica Ardyadan. Anita mengatakan transaksi ke Trisha itu sebesar Rp30 juta.

"Tadi sudah disebutkan saudara Tris Rp10 juta, betul ya?" tanya Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso.

"Rp30 juta," jawab Anita.

Dikonfirmasi, pengacara Bripka RR, Zena Dinda Defega mengatakan kliennya bukanlah orang yang melakukan transfer uang ke anak Ferdy Sambo tersebut. Sebab, sambungnya, kliennya ditahan sejak Minggu (07/08) lalu.

"Betul (ada transaksi) Rp30 juta (dari rekening Bripka RR). RR tidak mengetahui jelasnya, karena tanggal 7 Agustus RR sudah ditahan," ucapnya.

Dinda menambahkan rekening atas nama kliennya itu dipegang oleh Putri Candrawathi. Diduga, orang yang melakukan transfer uang itu adalah istri Ferdy Sambo.

"Bukan, HP operasional itu sudah sama Ibu PC yang pegang dari sebelum RR ditahan. Iya (diduga Putri Candrawathi yang mentransfer uang dari rekening Bripka RR)," tambahnya.

Sebelumnya, Anita menjelaskan ada aliran dana dengan total Rp200 juta di rekening Brigadir J usai korban tewas dibunuh.

Anita menjelaskan pemindahan uang dari rekening Brigadir J ke rekening Bripka RR itu sebanyak dua kali pada Senin (11/07) lalu.

"Yang saya serahkan itu data rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal ada uang masuk melalui inet banking, pemindahan dari 1296249462, rekening atas nama Nofriansyah Yosua sebesar Rp100 juta sebanyak dua kali, di tanggal yang sama," kata Anita saat di persidangan, Selasa.

Hal ini dia ketahui ketika diberi kuasa untuk membuka rekening Bripka RR dengan membuat rekening koran. Dari rekening Bripka RR, sambungnya, juga ada transaksi untuk pembayaran-pembayaran.

"Uang keluar dipakai hanya untuk pembayaran PDAM, Telkomsel, lalu pembayaran PLN, Indosat, pembelian Shopee, agak banyak Yang Mulia. Nominalnya nggak terlalu besar tapi pembayarannya banyak," ucapnya.

Rekomendasi