Bripka RR Akui Sejumlah Aset Ferdy Sambo Atas Nama Dirinya: Motor Hingga Rekening Berisi Uang Ratusan Juta

| 05 Dec 2022 11:20
Bripka RR Akui Sejumlah Aset Ferdy Sambo Atas Nama Dirinya: Motor Hingga Rekening Berisi Uang Ratusan Juta
RR dan KM (Ilham A/ ERA)

ERA.id - Terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR) mengungkapkan Ferdy Sambo memiliki harta atas nama dirinya.

Awalnya, Bripka RR menjelaskan dirinya kenal Ferdy Sambo sejak 2013 lalu ketika mantan atasannya menjadi Kapolres Brebes. Saat itu, dia ditugaskan sebagai driver Sambo hingga 2015. Saat itu, Ricky menerangkan Sambo pernah membeli motor atas nama dirinya.

"Waktu itu sekitar bulan Februari, Yang Mulia, saya karena ada kendaraan yang dulu memang dari Brebes dibeli atas nama saya, Yang Mulia. Jadi pajak tahunan yang mengurusi, itu saya laporan ke Ibu (Putri Candrawathi)," kata Ricky Rizal saat jadi saksi di persidangan terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Kuat Ma'ruf, dan Bharada Richard Eliezer (Bharada E) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (05/12/2022).

Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santoso lalu bertanya apa alasan Sambo memberi kendaraan atas nama orang lain. Bripka RR mengaku tidak mengetahuinya.

"Tadi saudara mengatakan bahwa saudara FS beli motor atas nama saudara?" tanya Wahyu.

"Siap," jawab Ricky.

"Kenapa?" ucap Wahyu.

"Kurang tahu, Yang Mulia," timpal Ricky.

Ricky menambahkan Sambo juga membuka rekening atas namanya dirinya ketika menjabat sebagai Kapolres Brebes. Dia menjelaskan uang di rekening itu dipakai untuk keperluan anak mantan atasannya.

"Sempat membuka rekening, BNI juga atas nama saya untuk keperluan waktu itu anaknya masih suka main game, Yang Mulia, jadi dari situ untuk keperluan," ucap Ricky Rizal.

"Kenapa tidak pakai rekening atas nama Ferdy Sambo sendiri, kenapa malah pakai nama saudara?" tanya Wahyu dan dijawab 'kurang tahu' oleh Ricky Rizal.

Wahyu lalu bertanya aset Sambo yang didaftar atas nama Ricky. Bripka RR pun mengatakan Sambo memiliki dua rekening atas nama dirinya, yakni BNI dan BCA.

Kedua rekening ini dipakai Sambo untuk keperluan di Magelang. Ada uang ratusan juta di rekening Sambo ini.

"Lah tapi kan di BNI saudara sudah diberikan uang Rp600 juta kemarin, hasil dari BNI itu?" tanya Wahyu.

"Rp400 juta Yang Mulia. Terus ditambah pemindahan itu jadi Rp600 juta," jawab Bripka RR.

"Di BCA ada berapa seinget saudara?" ucap Wahyu.

"Saya tidak hapal, Yang Mulia," kata Bripka RR.

"Lebih dari Rp100 juta?" tanya Wahyu.

"Sepertinya begitu," kata Bripka RR.

Rekomendasi