Terkuak, Bripka RR Pernah Setorkan Rp450 Juta ke Rekening Brigadir J, Untuk Apa?

| 22 Nov 2022 15:18
Terkuak, Bripka RR Pernah Setorkan Rp450 Juta ke Rekening Brigadir J, Untuk Apa?
Bripka RR (Tangkapan layar)

ERA.id - Costumer Service Layanan Luar Negeri Bank BNI KC Cibinong, Anita Amalia Dwi Agustine mengatakan rekening Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR) pernah menyetorkan uang senilai Rp450 juta ke rekening Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Hal ini dikatakan Anita saat menjadi saksi di persidangan terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (22/11/2022).

Keterangan ini berawal ketika jaksa penuntut umum (JPU) mempertanyakan ada tidaknya transaksi lainnya dari Bripka RR ke Brigadir J. Sebab, sebelumnya ketika bersaksi di persidangan terdakwa Bharada Richard Eliezer (Bharada E), Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf Senin (21/11), Anita sempat menyebut Bripka RR menerima uang Rp200 juta dari rekening Brigadir J.

"Ada nggak transfer yang lebih tinggi daripada transfer dari rekening RR ke Yosua?" tanya jaksa saat sidang, Selasa.

"Maksudnya uang masuk ke rekening Ricky dari rekening Yosua?" kata Anita.

"Iya, atau dari rekening lain yang lebih tinggi?" balas jaksa.

"Ada, setoran, bukan transfer," timpal Anita.

Anita menjelaskan Bripka RR pernah menyetorkan uang Rp450 juta ke rekening Yosua pada Kamis (28/04) lalu. Setoran ini dilakukan sekali.

"Tanggal 28 April itu RR setor Rp450 juta," kata Anita.

Sebelumnya, Bripka RR membenarkan ada pemindahan uang Rp200 juta dari rekening Brigadir J ke rekeningnya. Dia mengatakan pemindahan uang itu dilakukan atas perintah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Terus benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua, yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta. Jadi saya lakukan atas perintah dari Ibu Ferdy Sambo karena yang bersangkutan sudah almarhum," kata Bripka RR di PN Jaksel. Senin (21/11).

Dia menambahkan rekening yang dibuka atas nama dirinya itu untuk keperluan rumah tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Magelang. Bripka RR mengatakan transaksi keuangan bisa dilakukan melalui handphone-nya dengan m-banking.

"Selanjutnya kemudian untuk pemindahan itu melalui m-banking, melalui HP yang saya pegang, dan (handphone) satunya memang dipegang di Jakarta. Tetapi saya tidak tahu menahu apakah dipegang oleh almarhum Yosua terus menerus atau bergantian dengan Ibu atau yang lain," tambahnya.

Rekomendasi