Polisi Bantah Pria Viral yang Diamuk Massa di Jaksel karena Curi Mobil: Kendaraan Keluarganya, Korban Idap Gangguan Jiwa

| 02 Dec 2022 17:26
Polisi Bantah Pria Viral yang Diamuk Massa di Jaksel karena Curi Mobil: Kendaraan Keluarganya, Korban Idap Gangguan Jiwa
Pria Viral yang Diamuk Massa di Jaksel karena Curi Mobil (Tangkapan layar Instagram merekamjakarta)

ERA.id - Viral di media sosial aksi pengeroyokan ke seorang pria karena diduga mencuri mobil di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel). Polisi membantah hal tersebut.

Dari narasi yang beredar, pria ini dianggap pelaku yang mencuri mobil di kawasan Jakarta Timur (Jaktim). Usai melakukan pencurian, pria ini dinarasikan kabur dan ditangkap di sekitar Jalan Raya Ampera, Pasar Minggu, Jaksel. Saat kabur, pria ini disebut-sebut menabrak kendaraan pengendara lain.

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Rusit Malaka menjelaskan kejadian itu terjadi Kamis (01/12) lalu. Namun dia membantah bila pria itu adalah pelaku pencurian kendaraan.

"Nggak ada (kasus pencurian), mobil itu milik saudaranya," kata Rusit Malaka kepada wartawan, Jumat (02/12/2022).

Dia menambahkan korban dianggap pelaku pencurian karena berkendara tidak beraturan di sekitar Pasar Rebo, Jaktim. Warga yang curiga langsung mengikuti korban. Korban yang tertangkap sempat diamuk massa.

"Awalnya karena warga merasa curiga, sambil mengemudi zig-zag begitu, ya kan. Otomatis kan warga-warga di situ merasa ketakutan. Sangat mengganggu lah, terus dikejar lah sampai masuk tol (hingga ke Jl Raya Ampera)," ucapnya.

Rusit menjelaskan polisi langsung datang untuk melerai dan korban dibawa ke rumah sakit terdekat. Keluarga korban pun datang dan menjelaskan jika korban mengidap gangguan jiwa.

"Orang tersebut kurang sehat, (mengalami) gangguan jiwa (dan) dari pihak keluarga sudah mengambil dia untuk di bawa pulang dengan surat dokter," kata Rusit.

Rekomendasi