Sambo Bantah Janjikan Uang ke Bripka RR, Bharada E, dan Kuat: Saya Jamin Hidup Mereka Bertiga dan Keluarganya

| 07 Dec 2022 18:15
Sambo Bantah Janjikan Uang ke Bripka RR, Bharada E, dan Kuat: Saya Jamin Hidup Mereka Bertiga dan Keluarganya
Ferdy Sambo (Ilham Apriyanto/ ERA)

ERA.id - Terdakwa perkara pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo membantah bila menjanjikan uang dengan total Rp2 miliar ke Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR), Bharada Richard Eliezer (Bharada E), dan Kuat Ma'ruf, usai Brigadir J tewas.

"Saya tidak menjanjikan uang, Yang Mulia," kata Sambo saat jadi saksi di sidang terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Bripka RR, Bharada E, dan Kuat Ma'ruf, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (07/12/2022).

Sambo menjelaskan dirinya selalu memanggil Bripka RR, Bharada E, dan Kuat Ma'ruf usai ketiga orang ini selesai dimintai keterangan terkait kasus kematian Brigadir J. Ketiga orang ini dipanggil untuk diyakinkan agar tetap mengikuti skenario yang telah dibuat, yakni Brigadir J tewas karena baku tembak.

Mantan Kadiv Propam Polri ini pun menjelaskan dirinya tidak memberi atau menjanjikan uang ke Bripka RR, Bharada E, dan Kuat, tapi menjamin akan melindungi keluarga mereka bertiga.

"Saya manggil mereka karena setiap hasil pemeriksaan, saya pasti menanyakan 'gimana jawaban kamu?'. (Mereka jawab) 'masih Bapak, sesuai petunjuk Bapak'. (Saya bilang) 'ya sudah kamu akan saya perhatikan, keluarga kamu saya akan jamin karena sudah mau menjalankan cerita yang sudah dibuat itu'," kata Sambo.

Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso kembali memastikan keterangan Sambo soal pemberian barang ini, yakni benar tidaknya Bharada E dijanjikan uang Rp1 miliar. Sementara Bripka RR serta Kuat Ma'ruf, dijanjikan uang masing-masing Rp500 juta.

"Saudara kasih berapa ke Ricky?" tanya Wahyu.

"Saya tidak menjanjikan uang, Yang Mulia," jawab Sambo.

"Tapi saudara menjanjikan kata saksi mengatakan. Kepada Richard berapa?" ucap Wahyu.

"Saya tidak menjanjikan (uang), saya (jamin) merawat dia dan keluarganya," balas Sambo.

Rekomendasi