Polresta Tangerang Kerahkan Tim Penembak Jitu Amankan Natal dan Tahun Baru, Komandonya Langsung dari Pusat

| 20 Dec 2022 22:34
Polresta Tangerang Kerahkan Tim Penembak Jitu Amankan Natal dan Tahun Baru, Komandonya Langsung dari Pusat
Kantor Polres Kota Tangerang. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Polresta Tangerang bakal mengerahkan tim penembak jitu untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Hal itu dilakukan guna melindungi masyarakat yang merayakannya dari ancaman tindak pidana dan terorisme.

"Untuk tim tertutup (penembak jitu) kita ada. Ini komandonya langsung dari pusat," kata Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih, Selasa (20/12/2022).

Kosasih mengatakan, personel yang tergabung dalam tim penembak jitu ini langsung di bawah komando Mabes Polri. Nantinya, para tim tersebut akan diterjunkan di titik-titik rawan tindak pidana atau terorisme.

Namun dari tim khusus tersebut, Kosasih tidak memberikan penjelasan secara rinci berapa jumlah anggota yang terlibat mendukung pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Nanti mereka akan kita tempatkan di titik-titik rawan terjadinya tidak pidana (teror)," katanya.

Selain itu, Polresta Tangerang menurunkan Tim Gegana hingga anjing pelacak (K9) untuk melakukan penyisiran dan pemantauan selama pelaksanaan peribadatan Natal.

Kemudian, katanya, dari petugas yang dibagi dalam beberapa tim tersebut ditugaskan untuk melakukan patroli di sejumlah objek vital, terutama di wilayah pusat keramaian.

"Kita mulai operasi dari tanggal 24-25 Desember 2022 hingga perayaan libur akhir tahun pada 31 Desember 2022. Pengamanan dilanjutkan sampai 2 Januari 2023," ujar dia.

Ia menambahkan selama pelaksanaan Operasi Lilin Maung 2022, Polresta Tangerang menyiapkan sebanyak 740 personel gabungan yang akan mulai digelar tanggal 24-25 Desember 2022 hingga perayaan libur akhir tahun pada 31 Desember sampai dilanjutkan pada 2 Januari 2023.

Dalam pelaksanaan, kata dia, para personel gabungan akan mengamankan gereja, objek wisata, tempat perayaan pergantian tahun, pusat belanja, stasiun kereta api, hingga perbatasan wilayah.

Untuk mendukung operasi itu, lanjut dia, pihaknya mendirikan enam pos terpadu yang ditempatkan di sekitar gereja dan pusat keramaian. 

"Untuk posko pelayanan kita tempatkan di Tol KM 45 dan KM 43, sedangkan pos pengamanan kita tempatkan di Bundaran Citra Raya, Pasar Cisoka di Stasiun Kereta Api, dan di Tigaraksa Puspemkab Tangerang. Sementara untuk pos terpadu kita tempatkan di Bundaran Citra Raya," kata dia.

Rekomendasi