MA Akan Periksa Ketua Hakim Wahyu Soal Dugaan Curhat ke Wanita Terkait Kasus Sambo

| 05 Jan 2023 16:10
MA Akan Periksa Ketua Hakim Wahyu Soal Dugaan Curhat ke Wanita Terkait Kasus Sambo
Ilustrasi Gedung MA (Antara)

ERA.id - Tak hanya Komisi Yudisial (KY), Mahkamah Agung (MA) juga akan turun tangan untuk mengusut video viral seseorang diduga Ketua Majelis Hakim yang menangani perkara pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Wahyu Iman Santoso yang curhat kasus terdakwa mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

"MA setelah mengecek dari berita medsos yang beredar maka MA menyikapi akan menurunkan tim untuk memeriksa hakim yang bersangkutan," kata Jubir Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Samsan menambahkan MA juga akan memastikan hakim yang menangani kasus perkara pembunuhan berencana Brigadir J, berjalan independen.

"Tetapi MA tentu tetap menjaga independensi hakim dalam penanganan perkara menarik yang sedang ditangani hakim tersebut," tambahnya.

Diketahui, dalam video diunggah oleh akun TikTok @pencerahkasus, terlihat ada seorang pria diduga Hakim Wahyu memakai baju batik lengan panjang bewarna hitam, celana abu-abu, dan sepatu hitam sedang duduk di sofa. Pria ini terlihat sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon.

Disebut-sebut, pria ini sedang berbicara dengan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. Setelah menelepon, pria ini berbicara mengenai terdakwa Ferdy Sambo dengan seorang wanita yang ada di depannya. Namun, tak diketahui sosok wanita tersebut.

"Bukan, masalahnya dia nggak masuk akal banget dia nembak pakai pistol Yosua. Tapi nggak apa-apa, sah-sah saja. Saya nggak akan pressure dia harus ngaku, saya nggak butuh pengakuan," kata pria yang diduga Hakim Wahyu, dikutip dari video akun TikTok @pencerahkasus, Rabu (4/1).

Pria yang diduga Hakim Wahyu menambahkan majelis hakim yang menangani perkara tersebut tidak membutuhkan pengakuan dari mantan Kadiv Propam Polri ini.

"Saya nggak butuh pengakuan. Kita bisa menilai sendiri. Silakan saja saya bilang mau buat kayak gitu. Kemarin tuh sebenernya mulut saya sudah gatel, tapi saya diemin aja," ucap pria diduga Hakim Wahyu disambut tertawa wanita tersebut.

Rekomendasi