Misteri Mobil Berpelat W yang Titip Uang Ke Tiko, Ketua RT: Mungkin Keluarga Bapaknya

| 05 Jan 2023 20:31
Misteri Mobil Berpelat W yang Titip Uang Ke Tiko, Ketua RT: Mungkin Keluarga Bapaknya
Ketua RT Noves (Ghulam/ERA.id)

ERA.id - Kisah Tiko yang ditelantarkan oleh ayahnya selama 12 tahun mendadak viral di media sosial. Tiko dan ibunya, Eny, terpaksa tinggal tanpa pasokan air dan listrik di rumah mewah mereka di komplek PLN RT 6 RW 2 Jatinegara, Jakarta Timur.

Ketua RT setempat, Noves, mendapat kabar kalau ayah Tiko pulang ke kampungnya di Jawa Timur sejak 2010. "Barang-barangnya dibawa bapaknya ke kampung sebagian," ujar Noves kepada ERA, Kamis (5/1/2023).

Noves juga mengisahkan bahwa sekitar 4-5 tahun lalu ada seseorang turun dari mobil dan mendatanginya. "Pas 17-an kalau nggak salah, ada orang dateng ke saya, dia bilang: Pak RT, saya mau melihat Tiko," ujarnya. "Jadi nggak mau ketemu Tiko, tapi dia mau melihat Tiko dari jauh."

Orang itu berkata ke Noves, "Saya mau melihat Tiko yang sekarang, saya juga mau melihat rumahnya."

"Boleh, ya silakan saja, saya tunjukin," jawab Noves lalu mengantarkannya ke Tiko. "Tuh Tiko." Waktu itu, anak semata wayang Ibu Eny itu sudah bekerja sebagai security dan sedang duduk-duduk di pos keamanan.

Noves menduga orang yang mendatanginya dulu dari keluarga ayah Tiko. "Itu mobilnya pelatnya W, yang saya tahu pelat W, kan berarti antara jombang, pokoknya Jawa Timur lah!" ujarnya. "Makanya saya dapet informasi bapaknya pulang ke sana, mungkin itu dari keluarga papanya."

Sebelum orang itu pulang, ia sempat menitipkan amplop ke Noves sambil berkata, "Tolong kasih Tiko, nih buat Tiko." Noves mengaku tak mengetahui jumlah uang di dalam amplop itu. 

"Saya nggak tahu, tapi tebel juga sih," ujar Noves. "Saya kasih ke Tiko, saya bilang, Tiko ini ada titipan, tadi ada seseorang sepertinya sih keluarga papa kamu, cuman dia nggak mau ketemu kamu."

Tiko menerima amplop itu sambil membalas singkat. "Iya Pak RT, tadi saya juga lihat."

Keluarga Ibu Eny sendiri sudah menerima ATM Bantuan Sosial Tunai (BST) dan tahun 2023 ini masuk ke dalam calon penerima program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Lansia. Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar menyebutkan, setiap bulannya Ibu Eny dan Tiko mendapatkan bantuan, Kamis (5/1/2022).

Saat ini, Ibu Eny tengah menjalani perawatan di RSKD Duren Sawit untuk pengobatan hingga sembuh, sementara Tiko masih bekerja sebagai petugas keamanan di kompleknya.

Rekomendasi