Polda Metro Jaya Bakal Tetap Lakukan CFD Setiap Jumat Meski Bikin Macet Parah: Kami Minta Maaf

| 17 Mar 2023 20:55
Polda Metro Jaya Bakal Tetap Lakukan CFD Setiap Jumat Meski Bikin Macet Parah: Kami Minta Maaf
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (Sachril Agustin Berutu/Era)

ERA.id - Polda Metro Jaya meminta maaf bila uji coba penerapan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di wilayahnya malah membuat kemacetan panjang di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

"Tentu kami juga mohon maaf apabila terjadi ekses ini dan kami akan mensosialisasikan kembali," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Trunoyudo menjelaskan Polda Metro Jaya melakukan uji coba car free day untuk mensosialisasikan masyarakat agar mau menggunakan transportasi umum. Kebijakan ini juga diklaim untuk mengurangi volume kendaraan dan kemacetan.

Dia pun menerangkan uji coba ini masih akan diberlakukan pada Jumat (24/3/2023) dan masih terus dilakukan dievaluasi. Namun terkait antisipasi yang akan dilakukan Polda Metro Jaya bila kebijakan ini malah kembali membuat kemacetan, tak Trunoyudo jelaskan.

Trunoyudo hanya menerangkan pembatasan kendaraan tak hanya untuk masyarakat, tapi juga ke seluruh personel Polda Metro Jaya.

"Iya, Jumat depan kita masih akan lakukan. Karena gerakan ini kan juga paralel dengan kebijakan untuk menggunakan transportasi umum," ucap Trunoyudo.

Diketahui, Polda Metro Jaya menerapkan HBKB tiap Jumat per 3 Maret lalu. Kebijakan ini malah membuat kemacetan panjang di Jalan Gatot Subroto, pada pagi tadi.

Terpantau pagi tadi, gerbang depan Polda Metro Jaya ditutup dengan road barrier dan dijaga sejumlah personel. Akibat penerapan car free day ini, banyak orang yang memarkirkan kendaraannya di depan Polda Metro Jaya.

Banyaknya pengendara yang parkir liar menyebabkan sebagian badan jalan terambil hingga berujung kemacetan panjang.

Kendaraan yang keluar dari tol dalam kota untuk masuk Jalan Gatot Subroto ataupun pengendara yang dari arah Mampang Prapatan ke Slipi, baru dapat melaju dengan lancar ketika melewati Polda Metro Jaya.

Rekomendasi