Kapal Berisi Puluhan Penumpang Tenggelam di Riau, 12 Orang Tewas

| 28 Apr 2023 12:40
Kapal Berisi Puluhan Penumpang Tenggelam di Riau, 12 Orang Tewas
Kecelakaan kapal SB Evelyn Calista 01 di Riau. (Website riau.go.id)

ERA.id - Kapal speedboat SB Evelyn Calisca 01 yang mengangkut puluhan penumpang tenggelam di Perairan Indragiri Hilir Riau, Kamis (27/4/2023). Polisi melaporkan ada 12 korban tewas.

"Hari ini sekitar pukul 13.25 WIB telah terjadi kecelakaan laut berupa kapal tenggelam speedboat Evelyn Calisca 01 di perairan Desa Air tawar Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir. Korban yang ditemukan meninggal dunia sebanyak 12 orang," ujar Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Jumat (28/4/2023).

"Speedboat Evelyn Calisca 01 tersebut berangkat dari Tembilahan Indragiri Hilir dengan tujuan Tanjung Pinang kepulauan Riau. Kapal itu membawa  penumpang 51 orang dan 5 orang kru kapal," jelas Iqbal.

Kapal itu dinahkodai Samran dengan lima anak buah kapal (ABK). Sementara para penumpang terdiri dari 45 orang dewasa dan enam anak-anak.

Evelyn Calisca 01 telah ditarik kapal lain menuju Pelabuhan Sungai Guntung pada Kamis sore untuk memermudah pencarian korban lainnya.

"Terkait penyebab dan kronologis kecelakaan belum dapat kami pastikan, saat ini kami masih fokus pada penyelamatan dan pencarian para korban," ujar Kapolres Inhil AKBP Norhayat, Kamis (27/4/2023).

Sampai saat ini kepolisian dan tim gabungan masih melakukan penyisiran dan proses pencarian penumpang lain di sekitar lokasi kejadian. Sebanyak 36 orang telah ditemukan dalam keadaan selamat dan beberapa dirawat di RSUD Raja Musa Kecamatan Kateman.

Rekomendasi