Detik-detik Kasat Narkoba Polres Jaktim KBP Buddy Alfrits Towoliu Tewas Ditabrak Kereta Api

| 01 May 2023 17:36
Detik-detik Kasat Narkoba Polres Jaktim KBP Buddy Alfrits Towoliu Tewas Ditabrak Kereta Api
Jenazah AKBP Buddy Alfrits Towoliu. (Antara)

ERA.id - Kapolres Metro Jakarta Timur (Jaktim), Kombes Leonardus Simarmata mengungkapkan kronologi Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Alfrits Towoliu sebelum ditemukan tewas tertabrak kereta. 

Awalnya, Buddy dan sepupunya, Jhon Edi Toliu berangkat dari rumah ke Polres Jaktim dengan mobil yang telah disiapkan istrinya dan tiba pukul 05.45 WIB. AKBP Buddy lalu menuju ke ruang kerjanya dan makan makanan yang disiapkan istrinya.

"Selanjutnya korban minum obat dari dokter pasca operasi batu empedu," kata Leonardus saat konferensi pers di Polres Metro Jakarta Timur, Senin (1/3/2023).

Setelah itu korban mencoba tidur namun tidak bisa. AKBP Buddy lalu mengganti pakaiannya dengan kemeja berwarna putih. Dia kembali mencoba tidur namun tetap tidak bisa.

Korban kembali berganti pakaian dengan memakai kaos dan jaket hitam. Sekira pukul 09.11 WIB, AKBP Buddy keluar dari Polres Jaktim dengan berjalan kaki seorang diri.

"(Dia) menyeberang jalan raya depan Polres Metro Jakarta Timur pada pukul 09.12 WIB. Ini sesuai dengan waktu di CCTV maupun di waktu sebenarnya," ucapnya.

Sekira pukul 09.21 WIB berdasarkan rekaman CCTV, AKBP Buddy terlihat berada di depan Stasiun Jatinegara. Korban berjalan kaki seorang diri dari arah timur dengan memakai pakaian yang sama, yakni kaos dan jaket hitam.

Berdasarkan keterangan dari masinis dan asisten masinis Kereta Api Tegal Bahari jurusan Pasar Senen-Tegal, Leonardus menyebut kereta masuk ke Stasiun Jatinegara dengan kecepatan 27 km per jam dengan jarak 300 meter. Saat itu saksi melihat AKBP Buddy berdiri seorang diri sambil menengok kanan dan kiri di pinggir tembok pembatas area rel kereta dengan Jalan Raya Bekasi Timur.

"Ini saksi melihat korban diri berdiri, itu seorang diri, sambil mungkin melihat menengok ke kanan dan kiri di pinggir tembok bagian dalam pembatas area rel dan Jalan Raya Bekasi Timur. Kemudian saksi melihat korban berjalan ke rel jalur tiga atau tempat TKP yang akan dilewati oleh kereta api. Selanjutnya korban tertabrak dan meninggal dunia sekira pukul 09.31 WIB," ungkap Leonardus.

Rekomendasi