Wanita ODGJ Mengamuk di Jalan Kebon Jeruk Tamansari Jakbar Akhirnya Dibawa ke RSJ Grogol

| 15 Sep 2023 22:25
Wanita ODGJ Mengamuk di Jalan Kebon Jeruk Tamansari Jakbar Akhirnya Dibawa ke RSJ Grogol
Wanita ODGJ mengamuk di Jalan Kebon Jeruk Jakarta Barat. (Antara)

ERA.id - Petugas dari Polsek Taman Sari, Koramil Taman Sari dan Kecamatan Taman Sari mengamankan wanita orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) karena mengamuk di Jl. Kebun Jeruk 5, RT. 06/04, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat, Jumat.

Kapolsek Metro Tamansari Kompol Adhi Wananda di Jakarta, mengatakan, tindakan pengamanan tersebut dilakukan pihaknya setelah mendapatkan aduan dari masyarakat.

"Tindakan ini dilakukan dengan melakukan koordinasi petugas dari Suku Dinas Sosial dan Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Barat," ujar Adhi. 

Adapun ODGJ tersebut, lanjut Adhi, adalah seorang wanita berinisial SY.

"Dia (SY) tinggal bersama ayahnya, Calvin, di Jl. Kebun Jeruk 5, RT 06 RW 04, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat," kata Adhi

SY, kata Adhi, telah mengamuk semalaman dan melakukan kekerasan fisik terhadap ayahnya, Calvin, yang mengakibatkan luka berdarah.

"Oleh karena itu kami segera bertindak cepat dengan berkoordinasi dinas terkait untuk segera melakukan evakuasi terhadap yang bersangkutan," kata Adhi.

Proses evakuasi SY, lanjut Adhi, tidaklah mudah, karena SY telah mengunci diri dalam kamar dan memasang gembok pada pagar rumah mereka.

"Petugas terpaksa melakukan pembongkaran paksa pada gembok pagar tersebut," katanya.

Selanjutnya, mereka mencoba untuk berkomunikasi dengan SY secara persuasif melalui pintu kamar.

"Alhamdulillah, usaha ini berhasil dan SY akhirnya dapat diajak berkomunikasi," kata Adhi.

Selanjutnya, kata Adhi, SY dibawa ke RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Grogol, Jakarta Barat, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Semoga SY mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk pemulihan fisik dan mentalnya," katanya. (Ant)

Rekomendasi