Polda Metro Ungkap Modus Baru Penyelundupan Sabu ke RI: Dikamuflase Jadi Semir Cair

| 11 Oct 2023 16:44
Polda Metro Ungkap Modus Baru Penyelundupan Sabu ke RI: Dikamuflase Jadi Semir Cair
Ilustrasi sabu (Antara)

ERA.id - Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkapkan modus baru penyelundupan narkoba jenis sabu ke Indonesia. Bersama bea cukai pihaknya mengatakan bahwa sabu bisa diselundupkan ke dalam semir sepatu.

"Ada modus baru pengiriman yang terakhir kita ungkap bersama bea cukai dikirim melalui semir cair yang di dalamnya ada sabu cair," kata Dirresnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Hengki kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Hengki menerangkan sabu dalam semir itu dikirim lewat jasa pengiriman. Barang haram itu dikemas dalam bentuk paket sehingga sulit dideteksi.

Perwira menengah Polri ini menjelaskan sabu itu dikirim dari Nigeria. Warga negara asing (WNA) yang ditangkap itu diketahui bekerja sama dengan warga negara Indonesia sebagai kurir.

"(Sabu yang dikirim dengan semir) itu ada dari Nigeria. Kalau seperti yang sabu ini tadi kan ada jaringan dari Malaysia. Terus kerja sama dengan ada kurir yang ada di negara kita," ucapnya.

Mantan Kapolres Metro Bekasi Kota ini menyebut pihaknya akan terus mendalami terkait modus baru ini. Polri berkomitmen untuk memberantas penyebaran narkotika di Indonesia.

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada hari ini memusnahkan ganja seberat 200,67 kilogram (kg), sabu 279,44 kg, dan 60.800 butir ekstasi.

"Kita telah mengamankan atau mengungkap kasus sebanyak 1.548 kasus dengan tersangka (sebanyak) 2053 tersangka," ujar Hengki.

Rekomendasi