Sempat Coba 5 Kali Bunuh Diri, Panca Darmansyah Menyesal Masih Hidup Usai Bunuh 4 Anaknya: Mestinya Saya Ikut Anak-anak

| 21 Dec 2023 17:41
Sempat Coba  5 Kali Bunuh Diri, Panca Darmansyah Menyesal Masih Hidup Usai Bunuh 4 Anaknya: Mestinya Saya Ikut Anak-anak
Panca Darmansyah (Dok Sachril Agustin Berutu/Era)

ERA.id - Seorang ayah yang membunuh keempat anaknya, yakni VA (6), SA (4), AA (3), dan AK (1) di kontrakannya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel), Panca Darmansyah (41) menyebut sempat mencoba bunuh diri sebanyak lima kali.

"Iya benar (saya bunuh anak-anak saya lalu saya coba bunuh diri). Tapi ternyata saya masih dikasih kehidupan dengan lima kali percobaan," kata Panca di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

Panca menyesali perbuatannya. Namun, dia juga mengaku menyesal mengapa masih hidup. Ayah bejat ini ingin ikut dengan anak-anaknya yang sudah berada di alam sana.

"Sangat menyesal. Sebenarnya kenapa saya masih hidup aja sih, mestinya saya juga ikut dengan anak-anak," ujarnya.

Panca tahu istrinya, D selingkuh usai membaca isi pesannya di media sosial WhatsApp. Namun saya dihubungi, nomor telepon Panca diblokir. Lalu pada Minggu (3/12) lalu, Panca mendapati D memiliki tiga selingkuhan.

"Terus yang di hari Minggu saya hack Instagram istri saya, saya baru lihat itu secara detail ternyata bukan satu orang aja ada kisaran tiga orang. Dia melakukan kayak apa ya, chat yang seperti kayak suami istri," ujar Panca.

Tersangka ini lalu emosi dan membunuh keempat anaknya. Kemudian, dia mencoba mengakhiri hidupnya namun gagal.

Sebelumnya, polisi menyampaikan Panca Darmansyah yang membunuh keempat anaknya di kontrakannya, terancam hukuman mati. Panca ditetapkan menjadi tersangka dan dijerat Pasal 338 KUHP juncto Pasal 340 KUHP dan UU Perlindungan Anak.

"Ancaman maksimal hukuman seumur hidup atau hukuman mati," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bintoro kepada wartawan, Jumat (8/12).

Tersangka ini membunuh keempat buah hatinya secara bergiliran dimulai dari yang paling kecil terlebih dahulu. Pembunuhan dilakukan dengan cara menyekap mulut anaknya.

Tak hanya sampai situ, Panca ternyata merekam momen dari sebelum hingga setelah membunuh anak-anaknya. Momen dirinya melakukan KDRT terhadap istrinya yang kini masih dirawat di RSUD Pasar Minggu karena mengalami sejumlah luka, juga direkamnya.

Rekomendasi