Viral! Sopir Truk Batu Bara Nekat Terobos Portal Warga, Diamuk Emak-emak: Ayo Sini!

| 28 Dec 2023 13:00
Viral! Sopir Truk Batu Bara Nekat Terobos Portal Warga, Diamuk Emak-emak: Ayo Sini!
Truk batu bara terobos portal (Dok: X/REP0RT_ID)

ERA.id - Sejumlah truk pembawa batu bara viral lantaran menerobos portal yang dibuat oleh warga di Batu Kajang, kecamatan Batu Sopang, kabupaten Paser. Truk pengangkut batu bara itu dengan brutal menerobos portal yang sudah dibuat oleh warga. 

Kejadian itu terjadi pada Rabu (27/12/2023) saat warga Batu Kajang membuat portal dari bangku plastik hingga meja kayu. Portal itu dibuat oleh warga setempat lantaran merasa terganggu dengan adanya aktivitas truk-truk pembawa batu bara.

Dari video yang beredar dan dibagikan oleh akun @REPORT_ID, terlihat truk yang membawa muatan batu baru menerobos portal sementara yang dibangun oleh warga. Sedikitnya tujuh truk menerpbos portal yang dibuat warga. 

“Terobos, terobos. Jangan anarkis, jangan anarkis. Nah terobos lewatin (portal). Nah terobos ditabrakin,” kata perekam video. 

Meski sudah banyak warga yang melihat kejadian itu, truk pengangkut batu bara tetap jalan dan menabrak penghalang yang ada. Bahkan bangku dan meja terlihat hancur ditabrak. 

Dalam video lainnya, terlihat sekumpulan emak-emak menghadang truk-truk lainnya. Emak-emak itu menyebut bahwa para sopir truk nekat melakukan hal itu. Terlihat juga seorang pria membanting bangku yang menghalangi jalan.

“Ayo ibu-ibunya (merapat). Ini mereka nekat,” katanya. 

Kapolsek Batu Sopang IPTU Harwanto mengatakan aksi itu terjadi sekira pukul 17.00. Pihak kepolisian sejauh ini masih berupaya untuk meredakan suasana. 

“Kami masih mencoba mendinginkan suasana, disini masih tegang, kami berusaha untuk memberikan solusi terbaik,” kata Harwanto, dikutip Korankaltim, Kamis (28/12/2023). 

Diketahui aksi blokade jalan itu dilakukan warga Batu Kajang lantaran kesal dengan rombongan truk yang menuju pelabuhan di Kecamatan Kuaro, Paser. Aktivitas yang mengganggu itu membuat warga emosi sehingga memilih untuk menutup jalan. 

Warga setempat sudah sempat meminta agar rombongan truk memutar arah namun tidak dihiraukan. 

Rekomendasi