Buronan WNA Meksiko Penembak WNA Turki di Badung Bali Ditangkap

| 31 Jan 2024 08:35
Buronan WNA Meksiko Penembak WNA Turki di Badung Bali Ditangkap
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Bareskrim Polri menyampaikan warga negara asing (WNA) asal Meksiko, Sicairos Valdes Roberto (27) yang kabur usai menembak dan merampok barang-barang warga negara asing (WNA) Turki, Turan Mehmet di villa The Palm House, Mengwi Kabupaten, Badung, Bali, telah ditangkap.

"Benar, tim gabungan Bareskrim, Polda Bali, Polda Jatim, Polres Nganjuk yang langsung saya kendalikan telah berhasil menangkap DPO (daftar pencarian orang) di Terminal Nganjuk," kata Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro kepada wartawan, Selasa (30/1) malam.

Dugaan sementara, Roberto merupakan pimpinan para perampok ini. Peran Roberto dalam perkara ini satu di antaranya adalah yang melakukan survei untuk menentukan lokasi perampokan.

"Analisa kita dia pimpinan kelompok ini dan sementara perannya pada saat di TKP menunjukkan foto villa untuk yakinkan Doris dan menyandera satpam," ujarnya.

Sebelumnya, polisi berhasil membekuk pelaku yang menembak Turan Mehmet di villa The Palm House, Mengwi Kabupaten, Badung, Bali.

Ketiga pelaku merupakan WNA Meksiko, yakni Aramburo Contreras Jose Alfonso (32), Mayorquin Escobedo Juan Antonio (24), dan Deraz Gonzalez Victor Eduardo (36).

"Motif dari kejahatan tersebut berdasarkan hasil sementara proses penyidikan adalah untuk merampas barang berharga milik para korban, sedangkan untuk motif-motif lainnya masih perlu pendalaman pada proses penyidikan," kata Brigjen Djuhandhani kepada wartawan, Selasa (30/1).

Komplotan perampok asal Meksiko itu sebelumnya melakukan survei untuk menentukan lokasi perampokan, hingga akhirnya dipilih kediaman Turan Mehmet. Dalam menjalankan aksinya, mereka menyiapkan senjata api (senpi).

WNA asal Meksiko ini lalu merampok uang senilai Rp30 juta dan USD4 ribu dari kediaman korban usai menembak Turan Mehmet. Setelah melakukan kejahatan, para pelaku langsung kabur.

Penyidik gabungan Bareskrim dan Polda Bali langsung memburu pelaku. Komplotan perampok ini berhasil diamankan di sebuah villa di kawasan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Rekomendasi