Buat Konten Aliran Sesat Tukar Pasangan, Gus Samsudin Dijemput Paksa Polisi ke Polda Jatim

| 29 Feb 2024 18:24
Buat Konten Aliran Sesat Tukar Pasangan, Gus Samsudin Dijemput Paksa Polisi ke Polda Jatim
Gus Samsudin Dijemput Paksa Polisi ke Polda Jatim (Puan R/ ERA)

ERA.id - Samsudin Jadab alias Gus Samsudin kembali membuat heboh dengan video konten-kontennya. Kini dia membuat konten terkait ‘tukar pasangan’ di chanel Youtube miliknya Raka Officel.

Kontennya itu menjadi viral di media sosial. Ia pun terpaksa harua dipanggil polisi ke Polda Jawa Timur, pada Kamis (29/2/2024).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Dirmanto mengatakan, paranormal yang pernah viral bersama pesulap merah itu dijempur paksa oleh oleh penyidik Siber Ditreskrimsus Polda Jatim di Blitar.

Penjemputan polisi itu, kata Kombes Dirmanto, karena kepolisan khawatir pria gondrong itu dapat melarikan diri.

“Jadi begini, saudara Samsudin dikhawatirkan melarikan diri dan menghambat penyidikan. Dan dilakukan upaya penjemputan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim,” kata Kombes Dirmanto Kepada awak media, usai meriksa Gus Samsudin.

Ia menjelaskan, video yang dibuat Gus Samsudin itu  karena mengandung aliran sesat yakni membolehkan orang bertukar pasangan dan melakukan hubungan badan meski bukan suami-istri sah.

Lebih lanjut Dirmanto menyampaikan bahwa sebenarnya kepolisian dari Blitar Kota sudah melakukan pemeriksaan kepqda Samsudin. Namun, keterangan paranormal itu selalu berubahterkait lokasi pembuatan video itu.

Karena itu, lanjutnya, pihak  Polda Jatim pun turun tangan. “Terkait hal ini, dan yangbersangkutan bicaranya plin-plan terkait lokasi pembuatan konten. Kemarin beliau ngomong dibuat di Bogor (saat) pertama kali (diperiksa),” ujarnya.

Ia menambahkan penyidik masih melakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap Samsudin. Meski demikian dia disebut masih berstatus sebagai saksi dalam perkara ini. Sebanyak tiga orang yang audah diminta keterangan.

“Sekarang masih pendalaman, masih didalami. Nanti kalau sudah ada perkembangan lebih lanjut, terkait dengan pasal yang disangkakan dan kemudian BB yang disita, nanti akan disampaikan. (Status) masih saksi ya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, beredar sebuah video viral konten Gus Samsudin menampilkan sejumlah orang yang mengaku sebagai pemuka agama tertentu sedang memberikan penjelesan ke jemaahnya.

Dalam rekaman video itu, beberapa pria yang mengenakan pakaian hijau dan berpenutup kepala mengatakan membebaskan anggota kelompoknya bertukar pasangan dan melakukan hubungan dengan orang lain meski bukan pasangan suami-istri. Syaratnya, jika satu sama lain terdapat rasa saling suka.

Konten tersebut diunggah di chanel Youtube milik Samsudin, Raka Official, sekitar Sabtu (24/2/2024) lalu. Saat ini video yang berdurasi 27 menit lebih itu sudah ditonton 40.813 kali.

Rekomendasi