Gudang Peluru Meledak, Kadispenad Sebut Kemungkinan Ada Peluru yang Terlempar ke Pemukiman Warga

| 30 Mar 2024 22:28
Gudang Peluru Meledak, Kadispenad Sebut Kemungkinan Ada Peluru yang Terlempar ke Pemukiman Warga
Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi. (Antara)

ERA.id - Telah terjadi ledakan kebakaran di gudang amunisi daerah Kodam Jayakarta milik Angkatan Darat yang bertempat di Kampung Parung Pinang RT 01, RW 11 Dusun 06, Desa Ciangsana Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024), pukul 18.30 WIB. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengatakan kemungkinan ada peluru yang terlempar ke ke pemukiman warga sekitar lokasi kejadian tersebut. 

"Iya mungkin karena memang itu kan berbagai jenis amunisi ya, nanti kita sampaikan secara detail setelah kita cek lagi apa saja isi gudang itu saat ini," lata Sianturi.

"Kemudian itu kan memungkinkan karena kan berbeda-beda penyimpanannya artinya ledakan yang bisa melempar sampai jauh peluru kemudian granat dan sebagainya akibat ledakan-ledakan dari peluru atau amunisi yang lainnya," katanya. 

Lebih lanjut, kata dia, gudang yang terbakar itu menyimpan berbagai jenis amunis. 

"Di dalamnya itu ada peluru-peluru, baik kaliber kecil, sedang maupun berat, sehingga memang dikhawatirkan apabila kita mendekat masih bisa meledak, granat dan sebagainya," katanya.

Tentunya, pihak TNI akan melakukan pengecekan ke titik lokasi apabila kondisinya sudah memungkinkan. 

"Kita tunggu dulu sampai situasi benar-benar sudah kondusif sudah tenang tidak lagi menggunakan sehingga kita bisa mengecek ke lokasi secara detail apa penyebab kebakaran dan apa saja yang kerugian yang kita terima," katanya. 

Rekomendasi