Sekda Jabar: Butuh Waktu 1,5 Bulan Bersihkan Sampah di Sungai Citarum

| 19 Jun 2024 07:00
Sekda Jabar: Butuh Waktu 1,5 Bulan Bersihkan Sampah di Sungai Citarum
Sungai Citarum sampah (Antara)

ERA.id - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menanggapi video viral soal sampah di Sungai Citarum. Herman mengungkapkan pembersihan sampah Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Saapan Batujajar bisa selesai dalam waktu 1,5 bulan.

Waktu 1,5 bulan yang dibutuhkan itu, kata Herman, lantaran pihaknya ingin memastikan kebersihan Sungai Citarum hingga 500 meter ke arah barat dan timur dari kawasan jembatan yang menjadi lokasi lautan sampah.

"Insya Allah, kita ikhtiarkan bersama berbagai stakeholder. Ini sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa clear 1,5 bulan waktunya. Jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur kita upayakan akan clear dan kita dorong radius lebih dari itu," kata Herman, dikutip Antara, Rabu (19/6/2024).

Herman menjelaskan, dalam pembersihan Sungai Citarum di bawah Jembatan Babakan Saapan, jenis sampahnya tidak melulu sampah baru, melainkan ada juga sampah yang sudah lama terpendam di dasar sungai.

"Mengapa perlu waktu satu bulan tambahan, karena karakter sampahnya di sektor ini bukan sampah baru saja, relatif banyak itu justru sampah lama yang di dalam, ketika ada angin naik ke atas. Maka dari itu kita tangani sarana prasarana yang ada agar satu minggu ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur," tuturnya.

Selain melakukan pembersihan sampah, Pemprov Jabar bersama BBWS Citarum juga akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah.

"Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan Bandung," pungkasnya.

Rekomendasi