Viral Mobil Patroli Lindas Bendera Israel di Banjarnegara, Ini Penjelasan Polisi

| 28 Jun 2024 14:55
Viral Mobil Patroli Lindas Bendera Israel di Banjarnegara, Ini Penjelasan Polisi
Mobil patroli lindar bendara Israel. (istimewa)

ERA.id -  Viral di media sosial mobil patroli lalu lintas melindas bendera Israel yang dibentangkan di tengah jalan.

Dari video yang dilihat di akun X @PribadiBales mobil polisi itu melaju pelan sambil melindas bendera Israel yang ditaruh di aspal. Polisi itu tampak sedang melakukan pengamanan unjuk rasa.

"Jika benar video ini apakah secara hukum dapat diterima? Itu bendera negara lain kenapa polisi pola pikirnya sepicik ini?" demikian narasi akun X @PribadiBales dilihat Jumat (28/6/2024).

Dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Banjarnegara Iptu Bimo Seno mengatakan kejadian itu terjadi polisi melakukan pengamanan Aksi Damai Banjarnegara Peduli Palestina (BPP) di Alun-Alun Kabupaten Banjarnegara pada Minggu (23/6) silam. Kejadian pelindasan bendera Israel ini dilakukan tanpa sengaja.

"Terjadi peristiwa miskomunikasi antara petugas Patwal dan panitia seksi acara berkaitan dengan penggelaran bendera Israel yang menyebabkan kendaraan pengawalan melintas di atas bendera tanpa sengaja," kata Bimo kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Bimo menjelaskan polantas yang menggunakan mobil patroli itu tidak mengetahui jika pihak panita menggelar bendera Israel di tengah jalan. Saat itu juga, kondisi sedang ramai sehingga mobil patroli tidak memungkinkan untuk menghindari bendera atau atribut lainnya yang ditaruh di aspal.

"Dari panitia menyampaikan permohonan maaf karena dari seksi acara secara spontan menggelar bendera israel terlebih dahulu dimana seharusnya bendera digelar ketika mobil kepolisian telah selesai melintas," tuturnya.

Bimo lalu menerangkan polantas yang mengendarai mobil patroli itu saat ini sedang diperiksa Propam.

Rekomendasi