Detik-Detik Pabrik Asam Sulfat Smelter Freeport Gresik Kebakaran, Kepulan Asap Hitam Bikin Panik Karyawan

| 15 Oct 2024 08:00
Detik-Detik Pabrik Asam Sulfat Smelter Freeport Gresik Kebakaran, Kepulan Asap Hitam Bikin Panik Karyawan
Suasana pabrik smelter PT PTFI saat terjadi kebakaran. (ERA/tangkapan layar video amatir).

ERA.id - Pabrik Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, terbakar pada Senin (14/10/2024) malam. Ledakan besar terdengar

Kebakaran tersebut terekam dalam video amatir yang menunjukan sebuah mesin di pabrik terbakar. Diketahui peristiwa itu terjadi sekira pukul 17.45 WIB.

Dalam rekaman video terdengar suara ledakan dari sumber api dan diiringi teriakan sejumlah karyawan. Terlihat asap tebal hitam membumbung tinggi ke langit dari sumber kebakaran.

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia Katri Krisnati membenarkan peristiwa kebakaran tersebut di pabrik smelter.

"Telah terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PTFI, di KEK Gresik, pada Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17:45 WIB," katanya dalam keterangan.

Saat ini, tim tanggap darurat PTFI bergerak cepat menangani dan sedang berusaha memadamkan api tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di kawasan PT Freeport Indonesia.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Keselamatan para karyawan merupakan prioritas kami," pungkasnya.

Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Ada pula bantuan tangki dari beberapa perusahaan swasta sekitar.

Rekomendasi