1.929 Personel Gabungan Turun untuk Amankan Demo BEM SI di Patung Kuda Jakpus

| 18 Oct 2024 12:27
1.929 Personel Gabungan Turun untuk Amankan Demo BEM SI di Patung Kuda Jakpus
Ilustrasi demonstran di Jakarta. (Antara)

ERA.id - Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (18/10/2024) hari ini.

Dari unggahan akun Instagram @bem_si, demonstrasi ini dilatarbelakangi masih banyaknya evaluasi yang belum dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama memimpin Indonesia. Mereka menilai kepemimpinan Jokowi menimbulkan banyak kerugian di tengah masyarakat.

"Oleh karena itu Aliansi BEM SI mengundang seluruh mahasiswa, elemen pemuda, dan seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam Aksi Adili Presiden Jokowi," tulis unggahan akun @bem_si, dilihat Jumat (18/10/2024).

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan sebanyak 1.929 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan demonstrasi BEM SI pada hari ini.

"Personel 1.929 gabungan (yang dikerahkan)," kata Susatyo kepada wartawan.

Untuk rekayasa lalu lintas di sekitar Patung Kuda bersifat situasional atau melihat situasi dan kondisi di lapangan. Jika banyak massa yang datang, maka arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, akan dialihkan.

Dia pun mengimbau massa agar tertib dalam menyampaikan aspirasinya.

"Yang terlibat pengamanan agar tidak membawa senjata api, dan hargai saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan profesional dan humanis," ucapnya.

Rekomendasi