Polisi Ungkap Asal Api yang Bakar Gedung Kejagung, Bukan Karena Korslet

Tim Editor

Olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung (Dok. Humas Polri)

ERA.id - Polisi mengungkapkan sumber dan asal muasal yang membakar Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung). Titik api diduga berasal dari lantai 6, tepatnya ruang rapat biro kepegawaian. 

"Asal api diduga dari lantai 6 ruang rapat biro kepegawaian lalu menjalar ke ruangan lantai lain," ujar Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Kamis (17/9/2020). 

Kemudian api menjalar cukup cepat karena lapisan luar gedung terdapat berbagai benda cair yang mudah terbakar. Apalagi kondisi bangunan yang membuat api dengan mudah melahapnya. 

"Ada beberapa cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidrokarbon dan kondisi gedung hanya disekat bahan mudah terbakar, mempercepat proses terjadinya kebakaran," sambungnya. 

Lalu berasal dari mana sumber api yang menghanguskan gedung utama? Puslabfor menyimpulkan sumber api bukan karena hubungan arus pendek (korsleting), tapi diduga karena nyala api terbuka. Diketahui, di lantai 6 ada renovasi ruangan dan beberapa pekerja sempat berusaha memadamkan api. 

"Kita dapati juga fakta dan saksi yang diketahui dan berusaha memadamkan kebakaran tersebut. Namun, tidak didukung infrastruktur kemudian api tesebut semakin membesar," ungkapnya.

Polri telah melakukan pengecekan rekaman kamera pengawas, meminta keterangan 131 saksi, analisis ahli dan foto satelit, serta enam kali lakukan olah tempat kejadian perkara.

Tag: kejaksaan agung

Bagikan :