TNI AL Evakuasi Medis ABK Kapal Pesiar MV Norwegian Escape

| 05 Nov 2020 18:16
TNI AL Evakuasi Medis ABK Kapal Pesiar MV Norwegian Escape
MV Norwegian Escape (Dispenal)

ERA.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta dibawah pimpinan Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto selaku Dansatgas bersama Tim, melaksanakan evakuasi medis yakni debarkasi 16 ABK Kapal pesiar MV.

Norwegian Escape (4 WNI, 12 WNA) dan embarkasi 95 WNI (85 Pria dan 10 Wanita), melalui dermaga Jakarta International  Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis, (5/11/2020).

Tiba di Indonesia, kapal yang melaksanakan pelayaran dari Filipina ini melakukan lego jangkar sekitar 1,7 mil Laut di Teluk Jakarta untuk debarkasi 16 ABKnya dan embarkasi sebanyak 95 ABK dengan menggunakan tenderboat menuju pelabuhan JICT II setelah sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan oleh KKP.

MV Norwegian Escape (Dispenal)

Pelayaran dari kapal menuju dermaga dikawal kapal patrol Lantamal III dan Tim Kopaska Koarmada I untuk pengamanan sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada Dansatgas.

Tiba didermaga JICT 2 ABK disambut Tim Satgas evakuasi dan langsung melaksanakan protokol kesehatan covid-19 terhadap personel maupun barang bawaannya. Dalam keterangan dari Dinas Penerangan TNI Angakatan Laut, Kamis (5/11/2020), kegiatan  diawali dengan cek suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi pakaian APD. 

Sementara itu barang bawaan wajib melalui X-ray dari Tim Bea Cukai setelah diperiksa dengan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III dengan tujuan  mengantisipasi adanya barang  terlarang jenis Narkotika. Selanjutnya mereka dibawa menuju Hotel Mercure Batavia yang telah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta, untuk selanjutnya akan menjalani tes swab di ruangan hotel. 

Sementara itu, Embarkasi sebanyak 95 WNI dari dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara menuju Kapal pesiar MV. Norwegia Escape telah ditangani oleh pihak Imigrasi serta pemeriksaan pihak Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok dengan penanganan prosedur protocol covid-19 oleh KKP Tanjung Priok dan telah dinyatakan aman.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Wadan Satgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana,  Asops Danlantamal III, Dansatrol Lantamal III, Dansatmar Koarmada I, Danpom Lantamal III, Perwira Kopaska Koarmada I, Kadis Syahal Lantamal III, Pabanops Kogabwilhan I, Pabanlid Sintel Kogabwilhan I, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Imigrasi Tanjung Priok, Tim Bea cukai, Pihak Agen Kapal dan Hotel Mercure Batavia.

Tags : tni covid-19
Rekomendasi