Puluhan Nakes Lansia Divaksin Covid-19, Termasuk Mantan Menkes

| 12 Feb 2021 18:28
Puluhan Nakes Lansia Divaksin Covid-19, Termasuk Mantan Menkes
Dok. RSUP Fatmawati

ERA.id - Vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun terus berjalan. Sebanyak 80 tenaga kesehatan lansia telah menerima suntikan vaksin Covid-19 di RSUP Fatmawati, per 11 Februari 2021. 

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Loli Simanjuntak mengatakan, teknis vaksinasi bagi tenaga kesehatan lansia di RS Fatmawati tidak jauh berbeda dengan vaksinasi bagi nakes lainnya. 

Pihaknya memastikan proses penyuntikan dilakukan dengan prinsip kehati-hatian.

“Kalau perbedaan pasti ada. Yang pasti kita harus lebih cermat dan hati-hati, kita juga menyiapkan 2 dokter di ruang resusitasi, ambulans juga standby. Kita lebih aware-lah,” tutur Loli dalam keterangannya, Jumat (12/2/2021).

Loli mengungkapkan, sejauh pelaksanaan vaksinasi Covid-19, belum ditemukan adanya reaksi spesifik maupun Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius dari penyuntikan vaksinasi, kalaupun ada reaksinya sangat ringan.

Menteri Kesehatan 2012-2014 dr. Nafsiah Mboi, turut disuntik vaksin Covid-19 di RS Fatmawati mengaku bersyukur menjadi salah satu orang yang mendapatkan vaksin Covid-19. 

Dengan vaksinasi maka membantu melindungi tubuh dari kemungkinan terjadinya dampak berat apabila terpapar/terinfeksi Covid-19. Nafsiah menjelaskan, meski telah divaksin tidak menjamin seseorang terhindar dari penularan Covid-19. 

Karenanya protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun harus terus dijalankan.

“Kalau seluruh masyarakat kita secara tertib melakukan hal (protokol kesehatan) ini maka Insya Allah infeksi baru akan turun,” imbuh dr. Nafsiah.

Harapannya vaksinasi Covid-19 terus dilakukan secara masif, termasuk bagi tenaga kesehatan yang masih aktif maupun non aktif. 

Rekomendasi