Menkes Budi Gunadi Sadikin Sampaikan Kabar Baik: 5 Provinsi Tunjukkan Tren Penurunan Kasus Omicron

Tim Editor

Menkes Budi Gunadi Sadikin (antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan lima (5) provinsi di Indonesia telah menunjukkan tren penurunan kasus COVID-19 varian Omicron.

"Lima sudah menunjukkan tren menurun yaitu DKI Jakarta, Banten, Bali, Maluku dan NTB. Yang lainnya sedang ada di puncak atau menuju puncak," ujar Menkes dalam keterangan pers virtual seusai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden, di Jakarta, Senin (21/2/2022).

Menkes mengatakan kasus Omicron memang lebih tinggi dari puncak varian Delta yang mencapai 56.000 kasus, namun pemerintah melihat bahwa 13 provinsi sudah melampaui puncak varian Delta.


Menurutnya, karena proporsi Jawa-Bali sudah menurun, maka akan terjadi pergeseran ke luar Jawa-Bali.

Adapun berkaitan dengan perawatan pasien, kata Menkes, pemerintah melakukan perbandingan dengan negara-negara lain. Dia menyampaikan bahwa puncak angka kematian biasa terjadi 15-20 hari dari puncak kasus.

"Kami juga mengamati yang meninggal itu banyak yang belum divaksin atau vaksinasi baru sekali, komorbid dan lansia. Sehingga kami ulangi lagi terus-menerus untuk segera divaksin. Vaksinasinya juga harus lengkap minimal dua kali dan kalau ada teman-teman yang lansia didorong agar segera cepat divaksin," jelas dia.

 

Kami juga pernah menulis soal Deltacron Bikin Geger, Gabungan Delta-Omicron, Ahli: Waspada Penularan Ganda Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

 

Tag: menkes budi gunadi sadikin kasus omicron

Bagikan: