Detik-Detik Menegangkan Pasukan Marinir Evakuasi Lansia Korban Banjir di Kemang

| 20 Feb 2021 16:17
Detik-Detik Menegangkan Pasukan Marinir Evakuasi Lansia Korban Banjir di Kemang
Dok. Kadispen Kormar

ERA.id - Belasan personel Satgas Bencana Korps Marinir TNI AL turun langsung ke kawasan Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2), untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir.

Banjir di kawasan tersebut terjadi lantaran curah hujan yang tinggi dari Jumat malam. Air menggenang setinggi kurang lebih 100 - 150 cm, salah satunya di titik lokasi RT 06/02. 

Dipimpin Letda Marinir Utomo, tim dari Satgas Bencana Korps Marinir mengevakuasi warga yang masih terjebak di rumahnya dalam kondisi banjir dengan menggunakan perahu karet.

Dok. Kadispen Kormar

Proses evakuasi warga yang masih terjebak banjir masih terus dilakukan oleh para prajurit TNI dengan cara menjemput masyarakat yang masih berada di tempat tinggalnya untuk dievakuasi ke lokasi yang lebih tinggi dan aman.

Proses evakuasi sangat menegangkan terjadi saat para personel Satgas Bencana Korps Marinir TNI AL memindahkan seorang lansia saat terjebak di rumahnya yang berlantai dua, padahal banjir sudah merendam rumahnya di lantai satu.

"Prajurit Marinir TNI AL evakuasi ibu Chaerani Pramono yang sakit dan terjebak banjir di daerah Kemang Selatan, Jakarta Selatan," jelas Kadispen Kormar Letkol Marinir Gugun Saeful, Sabtu (20/2/2021).

Dengan sangat hati-hati sesuai dengan prosedur SAR yang baik, para prajurit Baret Ungu berhasil mengevakuasi lansia tersebut ke tempat yang lebih aman. Selain membawa perahu karet para personel tersebut juga dilengkapai dengan dua unit perahu karet beserta mopelnya, delapan dayung, 15 sweemvest dan satu kendaraan truk SC untuk mobilisasi.

Rekomendasi