Ferdinand Tantang Amien Rais Demo DKI yang Punya Saham Miras: Jangan Jokowi Terus Disalahkan

Tim Editor

Amien Rais (YouTube)

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengantongi saham di perusahan dan pabrik bir. Hal ini tercatat dalam perusahaan PT Delta Djakarta Tbk (DLTA).

Diketahui Pemprov DKI memiliki saham hingga 26,25 persen. Saham ini telah dimiliki DKI sejak 1970 di era Gubernur Ali Sadikin. 

Atas kepemilikan ini, mantan politisi Demokrat Ferdinand Hutahaen merasa tidak fair bila kritik terus diarahkan kepada Presiden Jokowi (Jokowi) atas Perpres Nomor 10 Tahun 2021.

Salah satu poin pada Perpres yang ditandatangani pada 2 Februari lalu ini mengatur legalisasi minuman keras (miras) di Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara (Sulut), hingga Papua. 

"Anker BIR telah berdiri di Bekasi dgn saham Pemprov DKI Jakarta sebesar 26 persen. Pabrik miras ini telah menyumbang APBD DKI. Artinya apa? Pabrik miras legal dan boleh berdiri. Sekarang Jokowi sebagai presiden mengatur ulang sektor ini supaya lebih rapih, tapi mengapa kaum pendosa yang sok suci ribut," cuit Ferdinand, @FerdinandHaean3, Senin (1/3/2021).

Perpres miras ini memang mengundang kritik dari berbagai pihak. Selain Partai Keadilan Sejahtera (PKS) beberapa tokoh seperti Amien Rais hingga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat M Cholil Nafis juga melontarkan kritik yang sama. 

Menurut Amien, langkah Jokowi menjadi taruhan bagi generasi muda. Kata dia, masih banyak masyarakat yang menjual-belikan minuman keras sebelum adanya Perpres 10/2021. 

"Tidak diberikan legalitas saja sudah seperti itu keadaan kita. Apalagi ini memang sudah tren dari masyarakat yang mestinya kita tutup. Jangan sampai kemudian terjadi kehancuran akhlak apalagi generasi anak muda kita dengan menenggak miras," ujar dia.

Amien turut meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama untuk mendesak Jokowi mencabut Perpres tersebut.

Bahkan, Amien mewanti-wanti Jokowi bahwa langkahnya menentangkan ajaran agama.

"Tolong dipikir kembali. kalau ada bisa surut itu besar jiwa anda. Kalau anda nekat, urusan anda bukan dengan kita, kita cuma rakyat ya. Tapi anda sudah menantang Allah, menentang kebenaran kitab suci Al-Qur'an," ungkap Amien.

Atas kritik Amien Rais ini, Ferdinand meminta yang bersangkutan juga melakukan hal yang sama kepada Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies Baswedan. Dia meminta Amien untuk melakukan demo di Pemprov.

"Kapan bapak tua ini akan mendemo Pemprov DKI Jakarta soal kepemilikan saham di pabrik miras? Kapan bapak tua ini meminta pabrik miras Anker BIR ditutup? Janganlah hanya Jokowi yang diserang disalahkan, sementara dosa maksiat terus terjadi disekitar," ucapnya.

Tag: anies baswedan saham miras dki

Bagikan: