Sidang Langsung Rizieq Shihab Hari Ini, Ratusan Polisi 'Berkerumun di Depan PN Jaktim

| 26 Mar 2021 09:28
Sidang Langsung Rizieq Shihab Hari Ini, Ratusan Polisi 'Berkerumun di Depan PN Jaktim
Polisi di Depan PN Jaktim (Nuzulia/era.id)

ERA.id - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.900 personel dalam sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur hari ini Jumat (26/3/2021).

"Enggak ada persiapan khusus. Jumlah pengamanan tetap 1.900 personel gabungan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (25/3).

Pantauan ERA.id di depan PN Jaktim, ratusan personel Polri 'berkerumun' berbaris membentuk pagar betis. Mereka mengimbau lewat pengeras suara tentang protokol kesehatan.

"Dimohon untuk selalu menaati protokol kesehatan. Jaga jarak minimal satu meter, selalu memakai masker," ujar personel Polri lewat pengeras suara.

Polisi di Depan PN Jaktim (Nuzulia/era.id)

Personel polisi berkerumun demi menjaga keamanan dan ketertiban jalannya sidang. Sebelumnya, ribuan personel Polri sudah menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama. Untuk vaksinasi tahap kedua akan berlangsung pada akhir Maret mendatang.

Sebelumnya Majelis Hakim PN Jakarta Timur mengabulkan permohonan yang diajukan oleh terdakwa kasus kerumunan Rizieq Shihab agar sidang digelar secara langsung. Permohonan itu dikabulkan setelah melewati perdebatan yang cukup panjang. 

"Menimbang Majelis hakim diberi waktu terbatas, dan agar persidangan berjalan lancar, maka permohonan terdakwa agar persidangan terdakwa dilakukan secara offline dapat dikabulkan," ujar Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa. 

Meskipun dikabulkan, Suparman mengatakan Rizieq Shihab harus menjamin beberapa hal, seperti tidak adanya kerumunan dari massa pendukung atau terjadinya pelanggaran protokol kesehatan. Jaminan itu disampaikan Rizieq dalam keterangan tertulis. 

Rekomendasi